Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 07 September 2017, 07:25 WIB

Laporan dari Jepang

Kapan Mobil Listrik Jepang Masuk RI? Nissan: Tunggu Pemerintah

Firdaus Anwar - detikOto
Kapan Mobil Listrik Jepang Masuk RI? Nissan: Tunggu Pemerintah Nissan LEAF model terbaru (Foto: Firdaus Anwar)
Tokyo - Nissan merupakan produsen yang menjual mobil listrik paling banyak di dunia. Dalam peluncuran produk global Nissan LEAF terbaru di Tokyo, Nissan mengaku tertarik untuk memasarkan produk mobil listriknya itu di Indonesia.

Nissan seperti dilaporkan reporter detikOto Firdaus Anwar dari Tokyo, Jepang, meluncurkan produk terbarunya yaitu mobil listrik LEAF generasi terkini. Nissan mengaku LEAF akan menjadi salah satu produk andalannya secara global dan kemungkinan secara bertahap mengganti sebagian besar lini mereka dengan mobil elektrik.

"Proses evolusi akan mengambil alih, mulai dari situasi sekarang ke tahun 2020-2025 akan banyak produsen mobil membuat mobil listrik. Bukan sebagai produk tambahan tetapi pengganti apa yang sudah ada sekarang. Semua akan menjadi serba elektrik," kata CEO Nissan, Hiroto Saikawa, dalam acara World Premiere Nissan LEAF, Makuhari Messe, Tokyo, Rabu (6/9/2017).

Seperti diketahui Indonesia saat ini juga sedang gencar berusaha mendorong produksi mobil dan motor listrik. Presiden Joko Widodo menargetkan pada tahun 2025 setidaknya 20 persen mobil yang diproduksi di Indonesia adalah mobil listrik.



Nah apa berarti Nissan LEAF terbaru ini akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat? Regional Senior Vice President, Head of Asia and Oceania, Nissan Motor Yutaka Sanada mengatakan kemungkinan belum.



Namun demikian Sanada mengaku Nissan sudah melihat sinyal serius dari pemerintah Indonesia. "Kami sangat termotivasi untuk membuat mobil listrik di Indonesia karena Indonesia adalah salah satu pasar terbesar di wilayah kami. Saya sendiri juga sudah berbicara dengan Menteri Perindustrian Indonesia dan saya melihat niat seriusnya mengundang kami," kata Sanada.

"Kami ingin melihat dulu bagaimana pemerintah Indonesia mencoba mendorong membantu kami. Mungkin bisa dengan bentuk pembelian langsung atau keringanan pajak," lanjutnya.

Dalam acara peluncuran LEAF, Nissan sendiri menyebut mobil listrik tersebut baru akan dijual di Jepang mulai 2 Oktober 2017. Setelah itu secara bertahap pada tahun 2018 LEAF akan dijual untuk wilayah Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa (fds/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed