Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 06 September 2017, 09:43 WIB

Hati-hati, Modifikasi Mobil Tidak Akan Dicover Asuransi

M Luthfi Andika - detikOto
Hati-hati, Modifikasi Mobil Tidak Akan Dicover Asuransi Foto: Istimewa
Jakarta - Demi membuat tampilan mobil makin kece, tidak sedikit dari pecinta otomotif di Indonesia rela melakukan modifikasi. Namun perlu diingat ya Otolovers, itu bisa menggugurkan asuransi, lho.

Penyataan ini sangat jelas tertulis pada 'Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia', Bab III pasal 4 ayat 6 sebagai acuan dari asuransi di Indonesia.

Ayat itu berbunyi, perlengkapan tambahan adalah perlengkapan pada kendaraan bersangkutan yang bukan merupakan perlengkapan standar pabrik tidak akan diganti. Hal ini juga yang disampaikan Marketing & Communication & PR Manager Asuransi Astra (Garda Oto) Laurentius Iwan Pranoto saat dihubungi detikOto.

"Misalnya memasang audio atau mengganti lampu, ini bisa menjadi penyebab terbakar kendaraan. Ini mengganti sesuatu tidak standar dan tidak memberikan informasi ke pihak asuransi. Jika kasusnya seperti ini tidak di-cover," kata Iwan.

Namun menurut Iwan, bukan berarti Otolovers tidak bisa melakukan modifikasi dan tetap ingin kendaraan tetap di-cover asuransi.

"Harusnya bilang ke kita (pihak asuransi). Karena kalau sampai kenapa-kenapa, atau mobil itu hilang atau terjadi sesuatu, kalau terjadi apa-apa akan kita ganti sesuai dengan kondisi kendaraan tersebut. Selain itu jika mengubah-ubah kendaraan (modifikasi) itu harus disurvei oleh kita," katanya.

Lalu apakah premi asuransinya bertambah jika mobil telah diasuransi? "Tambahan biaya? Itu bisa disesuaikan," tambahnya. (lth/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed