Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 13 Juli 2017, 15:26 WIB

Ibu Kota Dipindah, Penjualan Mobil jadi Lebih Merata

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ibu Kota Dipindah, Penjualan Mobil jadi Lebih Merata Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -


Pemerintah berencana memindahkan ibu kota ke luar Jakarta. Saat ini, wacana pemindahan ibu kota sedang dikaji, namun kemungkinan besar kandidatnya ada di luar Pulau Jawa seperti Kalimantan.

Dengan berpindahnya ibu kota ke luar Jakarta, apakah ada dampak terhadap industri otomotif? Apa tanggapan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)?

Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto menyatakan, pihaknya tak mempermasalahkan jika pemerintah memindahkan ibu kota ke luar Jakarta. Apa pun keputusannya, kata Jongkie, Gaikindo mendukung keputusan pemerintah.

"Buat kita sih enggak ada masalah. Itu kita serahkan 100 persen kepada pemerintah. Pokoknya apa pun keputusan pemerintah kita dukung," kata Jongkie kepada detikOto saat ditemui di acara peresmian pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat.

Menurut Jongkie, jika pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota, tak ada dampak negatif terhadap industri otomotif. Malah mungkin bisa membuat penjualan kendaraan lebih merata lagi.

"Di mana pun ibu kotanya mungkin di kota itu akan bertumbuh, penjualan kendaraan di sana (kota yang ditunjuk sebagai ibukota) mungkin bertumbuh. Sekarang aja dengan pembangunan infrastruktur sampai ke daerah-daerah itu juga akan sangat menunjang industri otomotif," ujar Jongkie.

Ibu Kota Dipindah, Penjualan Mobil jadi Lebih MerataFoto: Mindra Purnomo
(rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed