Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 07 Juli 2017, 08:43 WIB

China Desak GM, Mercy dan VW Tarik Mobil dengan Airbag Takata

Dadan Kuswaraharja - detikOto
China Desak GM, Mercy dan VW Tarik Mobil dengan Airbag Takata Airbag Takata (Foto: M Luthfi Andika)
Beijing - Pemerintah China mendesak 3 produsen mobil besar yakni Mercedes-Benz, General Motors dan Volkswagen untuk memenuhi kewajiban mereka menarik mobil dengan airbag Takata yang bermasalah.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (7/7/2017), lembaga pengawas kualitas, inspeksi dan karantina China di situsnya mengatakan 3 merek mobil itu baru melaporkan sejumlah kecil kendaraan untuk dites dan dianalisis ketimbang menyediakan rencana penarikan kendaraan.

Lembaga pemerintah sudah bertemu dengan perwakilan produsen mobil dan meminta mereka memenuhi kebijakan serta menarik kendaraan secepat mungkin dari jalanan China.

Diperkirakan ada lebih dari 20 juta mobil di China yang menggunakan airbag buatan Takata. Seperti diketahui, airbag Takata sudah menyebabkan 16 kematian dan 180 orang cedera di seluruh dunia.

Baca juga: Duarr!! Suara Airbag Mengembang Mirip Letusan

Total ada 37 produsen yang menggunakan airbag bermasalah di China. 24 merek sudah menarik sekitar 10,59 juta kendaraan sampai akhir Juni, sedangkan 5 merek berencana untuk menarik 1,26 juta kendaraan.



Airbag berpotensi meledak secara berlebihan dan menyebarkan serpihan logam yang bisa mencederai penumpang dan pengendara. Di Indonesia pabrikan mobil pun sudah mengumumkan recall. Namun kesadaran pengguna mobil untuk membawa kendaraan mereka ke bengkel masih rendah.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed