Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 12 Juni 2017, 08:30 WIB

Coaching Clinic Toyota Calya

Profil Toyota Calya, Mobil yang Didesain Khusus Indonesia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Profil Toyota Calya, Mobil yang Didesain Khusus Indonesia Toyota Calya (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Entry MPV Toyota Calya, didesain khusus untuk kondisi jalanan dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Berkat desainnya yang khusus Indonesia itu, mobil mendapatkan penerimaan yang cukup bagus di pasaran.

"Kalau dulu, sesuai rencana kita, kita melakukan riset di berbagai daerah. Handycap kondisi jalan di Indonesia yang naik, turun, mulus, kadang berlubang, banyak polisi tidur, situasi seperti itu menjadi masukan buat kami untuk membuat sebuah kendaraan. Makanya Toyota Calya kita set ground clearance-nya bisa memadai buat jalanan Indonesia," kata PR Manager PT Toyota-Astra Motor Rouli H Sijabat dalam coaching clinic Wonderful Surprise, di Jakarta, Minggu (11/6/2017).

Infografis Toyota CalyaInfografis Toyota Calya Foto: Zaki Alfarabi

Toyota Calya masuk di segmen yang sebelumnya sudah ada pemain lain di LCGC 7 penumpang. Pangsa pasarnya langsung naik dari 48 persen menjadi 68 persen di segmen LCGC 7 penumpang. "Jadi kami berterima kasih pada konsumen yang membeli Calya di awal-awal," ujarnya.

Toyota Calya sendiri namanya diambil dari bahasa Sansakerta yang artinya Sempurna. Diharapkan All New Calya menjadi kendaraan sempurna bagi konsumen melalui konsep:

1. Desain Modern,
2. Fitur terlengkap di kelasnya,
3. Interior yang lega untuk seluruh penumpang,
4. Nyaman saat perjalanan,
5. Efisien dalam bahan bakar,
6. Fitur keselamatan terlengkap di kelasnya,
7. Harga yang terjangkau bagi banyak konsumen.

Eksterior

Tampilan Toyota Calya sangat agresif serta modern melalui perpaduan sempurna antara lampu utama, chrome grille serta bumper yang terlihat begitu fresh. Tampak depan, All New Calya terlihat lebar dengan desain radiator grill berbentuk trapezoid dan "T" Shape pada gril mesin yang mempertegas aura dinamis dan modern pada All New Calya.

Peserta Coaching Clinic mengikuti gamesPeserta Coaching Clinic mengikuti games Foto: Dadan Kuswaraharja


Tampak samping, Toyota Calya memiliki desain yang dinamis dengan dual line dari depan hingga belakang, dipadu dengan spoiler berbentuk sirip membuat All New Calya makin tampil stylish.

Tampilan samping ini didukung dengan alloy wheel 14-inci dual-tone dengan proses machining yang merupakan pertama dikelasnya, menjadikan tampilan All New Calya tampak sporty. Selain itu, dengan ground clearance 180mm, menjadikan Toyota Calya mampu melewati berbagai kondisi jalan di Indonesia.

Desain "Reverse L-Shape" pada lampu belakang memberikan tampilan lebar pada body belakang Toyota Calya ditambah dengan garnish chrome pada license plate (Tipe G) menambah tampilan menjadi lebih mewah dan ekslusif. Desain bagian belakang yang selaras dengan desain secara keseluruhan menampilkan image modern.

Toyota CalyaToyota Calya Foto: Dadan Kuswaraharja



Interior

Desain interior Toyota Calya hadir dengan tema "Multi-Layer Cockpit" melalui kombinasi warna hitam dan coklat yang senada, sehingga memberikan tampilan yang elegan.

Interior CalyaInterior Calya Foto: Rangga Rahadiansyah

Keunikan Toyota Calya antara lain terletak pada "floating" central dashboard dengan tuas transmisi diletakkan disamping lingkar kemudi menjadi sangat ergonomis, sehingga memudahkan pergantian transmisi demi kenyamanan.

Sebagai hiburan untuk seluruh penumpang, Toyota Calya dibekali dengan Audio Double-Din yang berbentuk flat type mampu memutar lagu dengan format CD, MP3 serta koneksi AUX-In dan USB, dengan illumination light berwarna senada dengan meter combination sehingga menambah kesan modern. Pada tipe G, terdapat tambahan Bluetooth untuk voice call dan music player.

Audio Toyota CalyaAudio Toyota Calya Foto: Rangga Rahadiansyah

Demi kenyamanan seluruh penumpang, Toyota Calya dilengkapi dengan Rear Air Circulator dengan 4 buah flaps yang dapat meneruskan hembusan udara dingin dari depan merata hingga belakang. Hembusan angin ini bisa diatur melalui tuas yang terletak dekat kisi angin di atap.

Rear Air Circulator Toyota CalyaRear Air Circulator Toyota Calya Foto: Rangga Rahadiansyah



Sebagai True MPV 7-seater, Toyota Calya mempermudah penumpang dalam akses keluar-masuk ke baris ke-3 berkat system easy one-touch tumble pada bangku baris ke-2. Sementara, untuk menambah kapasitas bagasi, bangku ke-3 pun mudah dilipat dengan Tumble Seat Arrangement menjadi 800 liter lebih untuk kenyamanan dalam membawa lebih banyak barang.

Peserta coaching clinic mengikuti games di mobil Toyota CalyaPeserta coaching clinic mengikuti games di mobil Toyota Calya Foto: Dadan Kuswaraharja


Toyota Calya juga dilengkapi dengan 7 buah headrest dan 7 buah 3 point seatbelt yang semakin mempertegas fungsinya sejak awal dikembangkan untuk kapasitas hingga 7 penumpang.

Mesin

Toyota Calya dibekali dengan mesin anyar seri 3NR yang memiliki kapasitas 1.200 cc yang compact dan ringan dengan teknologi Dual VVT-i, sehingga memberikan performa memadai serta memberikan efisiensi bahan bakar maksimal.

Mesin Toyota CalyaMesin Toyota Calya Foto: Rangga Rahadiansyah


Para engineer juga mampu mereduksi getaran mesin dan menghadirkan suara yang halus dari mesin, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman untuk seluruh penumpang baik untuk perjalanan dekat maupun jauh. Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda depan, Toyota Calya dibekali transmisi otomatis 4-speed yang halus serta transmisi manual 5-speed yang responsif.

Safety

Karakter Toyota Calya yang merupakan True MPV 7-seater, menghadirkan 3-point seatbelt untuk seluruh penumpang untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Sementara, bagi pengemudi dan penumpang mendapat tambahan perlindungan berupa Dual SRS Airbag. Penguatan struktur body secara keseluruhan dengan penyempurnaan GOA Body akan memberikan perlindungan maksimal saat terjadi benturan.

Toyota CalyaToyota Calya Foto: Rangga Rahadiansyah


Sistem pengereman Toyota Calya pun sudah dilengkapi dengan ABS agar pengemudi tetap dapat mengendalikan kendaraan saat pengereman mendadak, pun di jalan yang licin sehingga semakin memberikan rasa aman dan menambah percaya diri saat berkendara.

Tak ketinggalan, TAM menyematkan parking sensor untuk seluruh grade Toyota Calya untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi baik dalam perjalanan maupun saat parkir. Ini digunakan agar pengemudi dapat mengetahui jarak depan dan belakang, terutama saat parkir.

Immobilizer pada Toyota Calya menjadikan kendaraan tidak dapat dihidupkan menggunakan kunci duplikat. Selanjutanya, dengan adanya fitur alarm juga akan semakin memberikan keamanan.


First in its Class

Toyota Calya dilengkapi dengan ECO indicator pada MID yang dapat memberikan informasi kepada pengemudi seberapa efisien dia mengemudi dan juga Layar MID yang informatif, mampu memberikan informasi, seperti jarak yang ditempuh, rata-rata konsumsi bahan bakar, sisa jarak tempuh untuk pengisian ulang bahan bakar, dan lain-lain. Terdapat juga Power Window untuk semua jendela sehingga driver dapat mengontrol semua jendela dan penumpang memiliki kemudahan akses pada jendela.

Power windowPower window Foto: Rangga Rahadiansyah

Lampu sein pada Toyota Calya dilengkapi fitur "one touch signal", cukup menyentuh ringan tuas, otomatis lampu sein akan menyala tiga kali. Fitur ini bisa digunakan pada berpindah jalur dan saat melewati kendaraan di depan sehingga pengemudi tidak perlu mematikan lampu sein setelahnya.


Power outlet untuk mengisi baterai HPPower outlet untuk mengisi baterai HP Foto: Rangga Rahadiansyah

Selain itu, terdapat power outlet pada baris ke-2 untuk menunjang aktivitas penumpang Toyota Calya dengan smartphone-nya agar mudah dijangkau.







(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed