Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Juni 2017, 09:30 WIB

Kehadiran Dua MPV Baru, Diprediksi Bikin Pasar Otomotif Berkembang

Dina Rayanti - detikOto
Kehadiran Dua MPV Baru, Diprediksi Bikin Pasar Otomotif Berkembang Foto: Reuters
Jakarta -

Semester 2 tahun ini Indonesia bakal kehadiran dua mobil di kelas MPV. Pertama adalah Wuling Confero S dan yang kedua adalah Mitsubishi Small MPV Concept. Pasar mobil MPV di Indonesia saat ini masih dikuasai oleh Toyota Avanza selama bertahun-tahun.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menilai, kehadiran dua MPV tersebut tak lantas memakan pasar Avanza. Justru malah akan membuat pasar MPV semakin berkembang.

"Bagus dong yang pertama customer punya choice, wuling harganya attractive Rp 170-200 juta, XM harganya Rp 200-250 juta lah tinggal tunggu aja 2 ini ya banyak choices bukan canibalism tapi marketnya malah berkembang," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM), Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta.

"Jadi misalnya Calya sama Avanza, Avanza nggak mati begitu aja justru tumbuh lebih besar, Calya jualan 6.000 penurunan dari Avanza paling cuma 2.000-3.000 setengahnya, itu baru Calya lho ya nggak ngomong Sigranya sama Xenianya," sambung Soerjo.

Lantas apakah Toyota bakal permak model MPV-nya agar tetap bisa memimpin pasar MPV tanah air.

"Pastilah (penyegaran) karena XM kan udh 2 kali show, pasti kan mau nggak mau dia akan berhubungan dengan Avanza model terutama Veloz," jelas Soerjo.

(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +