Senin, 15 Mei 2017 15:32 WIB

Corolla Jadul dan Modern Ditabrakkan, Mana yang Paling Bagus?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: ANCAP Foto: ANCAP
Sidney -

Perkembangan teknologi kendaraan semakin maju pesat. Terlebih dalam hal penunjang keamanan dan keselamatan kendaraan.

Baru-baru ini, Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) membandingkan kualitas keamanan dan keselamatan mobil lawas dengan mobil modern. ANCAP merilis hasil tes tabrak dua mobil yang menunjukkan perbaikan dalam hal keamanan kendaraan selama dua dekade terakhis.

Dua mobil yang diuji di antaranya adalah Toyota Corolla hatchback tahun 1998 dan 2015. Keduanya diadu dalam kecepatan 64 km/jam.

Hasilnya terlihat, Corolla 1998 mengalami kerusakan struktural yang cukup parah. Pembacaan yang dicatat oleh boneka uji coba kecelakaan menunjukkan risiko cedera kepala, dada dan kaki yang sangat tinggi pada pengemudi.

Alhasil, Corolla 1998 itu hanya meraih poin 0,4 dari 16 poin (0 bintang). Sementara Corolla 2015 mendapat skor 12,93 poin dari 16 poin (dapat lima bintang).

"Ini menyangkut tingkat kecelakaan empat kali lebih tinggi untuk kendaraan yang lebih tua daripada kendaraan baru. Keselamatan bukan kemewahan dan kami ingin semua orang tetap aman di jalan. Hasil dari tes ini sangat mencolok. Industri otomotif, keuangan dan asuransi dapat berperan membantu mendorong orang memasuki era mobil baru yang lebih aman," kata CEO ANCAP, James Goodwin. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed