Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 15 Mei 2017, 10:57 WIB

Diserang WannaCry, Pabrik Renault Pulih Senin Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Diserang WannaCry, Pabrik Renault Pulih Senin Ini Foto: ilustrasi: Zaki Alfarabi
Paris - Serangan siber menyerang secara global. Beberapa pabrikan otomotif turut menjadi korban serangan siber itu. Salah satunya adalah Renault.

Diberitakan Reuters, Senin (15/5/2017), gara-gara serangan siber itu, Renault sempat menghentikan aktivitas produksi sementara. Penghentian itu dilakukan pada Sabtu (13/5/2017) kemarin.

Namun, Renault memperkirakan dapat melanjutkan produksi secara normal. Seorang juru bicara Renault mengatakan, aktivitas produksi di beberapa pabrik Renault akan berjalan normal hari ini, Senin (15/5/2017).

"Hampir semua pabrik harus bisa melanjutkan aktivitasnya Senin," kata juru bicara itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, aktivitas produksi Renault di beberapa lokasi pabrik terpaksa dihentikan sementara untuk mencegah penyebaran serangan siber yang menimpa sistem komputernya pada hari sebelumnya.

Tak hanya Renault, Nissan dan Dacia juga menjadi korban serangan virus komputer global Ransomeware WannaCrypt atau disebut juga WannaCry ini. Dacia juga menghentikan sementara aktivitas produksinya.

Untuk diketahui, serangan siber ini menggunakan teknik bernama ransomware, jenis virus malware (malicious software) yang berkembang paling cepat. Data dalam komputer di ribuan lokasi yang terkena ransomware, terkunci oleh program yang meminta pemilik untuk membayar US$ 300 dalam bentuk mata uang virtual Bitcoin, jika 'kunci' itu ingin dibuka. Virus ini juga menyerang Indonesia, dimana beberapa rumah sakit terkena imbasnya. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed