Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 11 Mei 2017, 16:12 WIB

Mobil Tanpa Sopir

Mirip Pesawat, Mobil Masa Depan Dipandu ATC

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mirip Pesawat, Mobil Masa Depan Dipandu ATC Mobil otonom Nissan LEAF (Foto: REUTERS)
California - Produsen mobil dan perusahaan teknologi berlomba-lomba membuat mobil tanpa sopir. Meski demikian faktanya, untuk mewujudkan mobil tanpa sopir masih butuh waktu yang lebih lama lagi.

Sampai suatu hari manusia bisa melepaskan kontrol mereka pada mobil, para pakar memprediksi manusia tetap bertanggung jawab dalam memastikan kendaraan bisa berfungsi normal.

Nissan seperti dilansir Autocar, tengah memikirkan adanya seorang operator yang akan mengawasi mobil-mobil tanpa sopir di jalanan. Mirip kerja air traffic controller (ATC) atau pemandu lalu lintas pesawat di udara.

"Mereka seperti pengawas lalu lintas udara. Mereka memfasilitasi aliran kendaraan, ketimbang mengontrol kendaraan dari jarak jauh menggunakan joystick," begitu pemikian Direktur Pusat Penelitian Nissan Maarten Sierhuis.

Dengan mengatur mobil tanpa sopir seperti pesawat, apa yang diinstruksikan ke satu mobil tanpa sopir bisa diinformasikan ke mobil tanpa sopir lain melalui sistem cloud.

Jadi tak perlu lagi meminta bantuan manusia lagi untuk memecahkan permasalah yang dihadapi mobil tanpa sopir di jalanan.

Sistem ini tengah dikembangkan. Dan Nissan saat ini tengah mengetes sistem yang disebut Seamless Autonomous Mobility itu di jalanan California.


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +