Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 04 April 2017, 16:57 WIB

Euro 4 Diterapkan, Pabrikan Eropa Ini Bisa Tambah Model di RI

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Euro 4 Diterapkan, Pabrikan Eropa Ini Bisa Tambah Model di RI Foto: Rangga Rahardiansyah
Wolfsburg - Volkswagen di Indonesia saat ini hanya menjual 4 model yaitu Polo, Golf, Scirocco dan Caravelle. Alasannya adalah, banyak mobil Volkswagen yang tidak cocok menggunakan bahan bakar yang ada di Indonesia.

Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor sebagai agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia, Andrew Nasuri mengatakan, standar mobil-mobil Volkswagen sudah Euro 4 ke atas. Bahkan di Eropa sudah Euro 6.

Sementara di Indonesia, pemerintah sedang menyiapkan peraturan baru soal penerapan Euro 4. Kemungkinan, Euro 4 diterapkan 18 bulan ke depan. Jika Euro 4 sudah diberlakukan, akankah Volkswagen menambah jajaran model yang dijual di Indonesia?

"Kalau untuk Euro 4 paling kita tambah sedikit. Kita bisa ambil yang Euro 4. Tapi untuk mobil-mobil Euro 6 tetap enggak bisa. Euro 5 aja engak bisa," kata Andrew saat berbincang dengan detikOto dan pemenang Poloisme di Wolfsburg, Jerman.

Memang, di Asia Tenggara beberapa negara sudah menerapkan Euro 4. Tapi, kata Andrew, itu juga model-modelnya terbatas.

"Produsen-produsen itu sekarang sudah desain mobil dengan Euro 4, Euro 5, Euro 6. Untuk bikin Euro 2 itu cost-nya lebih mahal. Kan basic-nya bikin Euro 6, diturunin ke Euro 2, itu kan butuh cost, tambah equipment lagi," ujar Andrew. (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed