Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 17 Mar 2017, 12:02 WIB

'Masa Depan Sedan Begitu-begitu Saja'

Dina Rayanti - detikOto
Masa Depan Sedan Begitu-begitu Saja Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Mobil di segmen sedan tampaknya sudah tidak populer lagi di Indonesia. Terlihat dari data penjualan Gaikindo pada tahun 2015 sedan terjual sebanyak 13.047 unit sementara tahun 2016 hanya 11.206 unit. Pasar sedan ke depannya pun diprediksi tidak akan banyak mengalami perubahan.

"Saya kira udah puluhan tahun ya masa depan sedan begitu-begitu aja karena sedan dipakai untuk kendaraan formal terutama perusahaan-perusahaan jadi untuk manajer kelihatan lebih formal dibanding datang dengan pakai MPV kayak mau liburan gitu," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, di Jakarta.

Meski begitu HPM mengaku pasar sedan masih ada. Penjualannya sedan di HPM masih ditopang oleh model Civic.

"Sedan ada, cuma ya marketnya selalu seperti ini aja. Kebanyakan sedan jualnya fleet sales kecuali civic. Civic ini agak lain, sebagian fleet, sebagian mungkin konsumen juga, untuk sedan kebanyakan fleet sales," lanjut Jonfis.

Pasar sedan yang cenderung menurun diakibatkan oleh mobil tersebut masih dikenakan pajak barang mewah yang mengakibatkan harga sedan lebih mahal. Jikalau nantinya aturan tersebut diubah, Jonfis mengatakan tidak akan berpengaruh banyak terhadap penjualan sedan.

"Tergantung ada perubahan yang besar atau tidak ya misalnya perubahan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah), tapi penambahan juga tidak terlalu besar, berkisar 3-5 persen," tutur Jonfis. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed