Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 01 Maret 2017, 11:24 WIB

GM Berencana Jual Saham di Afrika Timur ke Isuzu

Alfiza Satrio - detikOto
GM Berencana Jual Saham di Afrika Timur ke Isuzu Foto: Reuters
Nairobi - General Motors (GM) berencana menjual kepemilikan saham mereka di Afrika Timur kepada partner asal Jepang, Isuzu Motors Ltd.

Diberitakan Reuters, Rabu (1/3/2017), Isuzu akan mengakuisisi saham GM sebesar 57,7 persen di Kenya. Di sana, GM memproduksi kendaraan komersial bermerek Isuzu dan menjual kendaraan merek Chevrolet. Namun, lebih dari 90 persen kendaraan yang dijual di sana adalah merek Isuzu.

Pasar mobil di Kenya ini sendiri memang terbilang belum begitu besar. Setahun hanya sekitar 30 ribu mobil yang terjual.

"Ini adalah tahap yang akan kami jalankan untuk mencapai tujuan kami meraup profit di pasar-pasar yang lebih menjanjikan," kata salah satu perwakilan GM.

Melalui CEO GM, Marry Barra, pabrikan asal Amerika Serikat ini menyatakan mulai memeriksa kinerja mereka di wilayah Amerika Serikat dan China untuk menurunkan jumlah penjualan dan berfokus pada investasi saham yang lebih menguntungkan.

Sementara itu, GM sedang membahas rencana menjual merek Opel di Eropa kepada pabrikan asal Prancis, Peugeot SA. Selain itu, GM juga sudah menutup atau menurunkan tingkat operasi mereka di Rusia, Indonesia, dan Thailand.

"Kami mungkin sekarang akan terlihat kejam dengan kebijakan ini, tapi ini akan kami lanjutkan untuk melihat pasar mana saja yang sekiranya kurang potensial dan tidak kami lanjutkan untuk beroperasi di sana," jelas Presiden GM, Dann Ammann. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +