Senin, 09 Jan 2017 13:37 WIB

Pakai Gorilla Glass, Mobil Jadi Lebih Irit BBM dan Lebih Enak Dikendarai

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Rachmatunnisa
Las Vegas - Gorilla Glass biasanya dipakai di handphone atau telepon pintar. Dunia otomotif juga sepertinya bakal banyak menggunakannya.

Di pameran teknologi Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas Nevada yang dipenuhi oleh mobil otonom, listrik, dan solusi mobilitas ada mobil konsep Corning.

Corning melapisi seluruh mobilnya dengan Gorilla Glass. Dilansir digitaltrends, Senin (9/1/2017), Corning mengklaim mobil menjadi lebih tahan lama dengan dilapisi kaca Gorilla jika dibandingkan kaca mobil normal pada umumnya.

Kaca Gorilla ini melapisi kaca depan, atap mobil, kaca belakang, kaca samping, dan dasbor yang membuatnya lebih ringan.

Corning mengatakan kaca Gorilla lebih ringan 30 persen dari kaca biasa jadi berpengaruh pada keekonomisan BBM.

Selain itu, pusat gravitasinya juga lebih rendah sehingga mobil lebih mudah dikendalikan. Itulah salah satu alasan mengapa produsen asal Amerika Serikat (AS) Ford menggunakan kaca Gorilla pada mobil super GT terbarunya.

Sebelumnya BMW i8 juga menggunakan kaca jenis ini. Selain kelebihan fisik, kaca Gorilla juga lebih jernih dari kaca pada umumnya sehingga head-up display lebih hidup dan seluruh dasbornya mirip seperti layar sentuh.

Di bagian belakang, Corning menyelipkan kontrol elektonik keburaman di antara lapisan kacanya. Dengan menekan sebuah tombol, kaca yang tadinya terang benderang bisa menjadi gelap. Itu bisa diaktifkan jika memang anda membutuhkan privasi.

"Dengan membawa Corning ke industri otomotif, Corning menjadi lebih ringan, kuat, dan memberikan solusi optik yang lebuh menguntungkan. Memungkinkan efisiensi bahan bakar, lebih aman untuk pengendara dan penumpang," kata Wakil Presiden Eksekutif Corning, Marty Curran.

"Corning terdepan dalam menyediakan kaca yang melapisi ponsel dan memungkinnya terhubung dengan mobil. Kami sangat sengan bisa mendemokan seluruh teknologi dan kesempatan dalam membuat mobil terhubung dan dipamerkan pertama kali di CES," sambung Marty.

Meski begitu, Corning enggan membicarakan soal harga kaca Gorilla di CES, tapi tampaknya kaca Gorilla ini bakal melapisi mobil-mobil premium.



(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com