Nvidia Siapkan Otak Mobil Otonom

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 16 Nov 2016 08:54 WIB
Mobil otonom dengan otak dari NVIDIA. Foto: Roborace
Jakarta - Para pabrikan otomotif mempersiapkan mobil otonom sebagai kendaraan masa depan. Salah satu perusahaan teknologi, Nvidia, juga mengatakan akan mempersiapkan chip untuk mobil otonom.

Pernyataan ini langsung disampaikan CEO Nvidia Jen-Hsun Huang. Dia mengatakan Nvidia akan berada di garis terdepan untuk menunjang mobil masa depan yang disapa AI Technology. Teknologi ini akan berperan untuk mewujudkan mobil tanpa awak, seperti dikutip Leftlanenews, Selasa (14/11/2016).

Jen-Hsun Huang mengatakan kepada analis, permasalahan utama mobil otonom saat ini ialah 'detection problem' atau dalam mendeteksi. Sehingga Nvidia akan mempersiapkan Drive PX Platform layaknya sebuah server komputer untuk mobil otonom.

Sistem ini bisa dihubungkan dengan multiple CPU dan GPU, sehingga bisa lebih mempelajari dan memberikan data lebih akurat.

Teknologi Nvidia ini dikatakan akan terselip pada seluruh model Tesla terbaru. Dengan menyelipkan PX hardware generasi kedua, yang bisa mengirimkan data dari 8 kamera dan beberapa sensor menggunakan radar dan sinyal ultrasonik. Sehingga mobil otonom bisa benar-benar berfungsi dengan baik tahun depan.

"Saya pikir apa yang telah dilakukan sudah sangat dekat dengan masa depan, menggunakan teknologi AI akan mewujudkan mobil tanpa awak, ini merupakan gebrakan untuk industri otomotif," kata Huang.

"Rencana awalnya ini akan hadir dalam lima tahun ke depan. Siapa saja yang berbicara tentang 2021, tahun itu bukan menjadi start awal lagi," tambah Huang.

Kerjasama Tesla dan Nvidia ini, rencananya akan diuji dengan melakukan perjalanan tanpa sopir dari Los Angeles menuju New York. (lth/rgr)