Pikap Kabin Ganda Simbol Kesuksesan Mobil Thailand

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 17 Feb 2016 14:06 WIB
Foto: detikOto
Jakarta - Dari sisi kapasitas produksi mobil, Indonesia masih kalah dengan Thailand. Negeri Gajah Putih itu memiliki kapasitas produksi hingga 2,5 juta unit mobil per tahun. Sementara di Indonesia baru sebesar 1,9 juta per tahun.

Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), Soebronto Laras mengatakan, Thailand lebih unggul karena negara itu bisa memproduksi mobil yang dibutuhkan di banyak negara. Mobil yang dimaksud adalah pikap kabin ganda.

"Thailand, itu kan ekspornya berhasil. Karena dia berhasil jual pick up double cabin. Kita kan enggak bikin double cabin. Nah, mobil pick up double cabin itu di Amerika dipakai, di Australia dipakai, di Eropa dipakai. Makanya mereka berhasil," kata Soebronto.

Menurutnya, mobil yang saat ini diproduksi di Indonesia masih fokus pada low MPV. Segmen low MPV memang digemari di Indonesia.

"Sekarang ini ekspor kita mesti sadar, mobil yang dikembangkan di sini (Indonesia) kebanyakan mobil yang low MPV dan segala macamnya. Karena perkembangan industri otomotif di Tanah Air itu dari zaman dulu ke low MPV. Kayak contohnya Kijang. Itu kan mobil Indonesia. Atau Suzuki APV, beli APV di Jepang juga enggak ada. Cuma masalahnya kan terbatas. Nah kita coba sikapi untuk membuat mobil-mobil yang memang world class. Bisa masuk ke Amerika, Eropa, dan segala macamnya," jelas Soebronto. (rgr/ddn)