Rabu, 23 Jul 2014 08:45 WIB

Mobil Murah Rp 75 Jutaan Ini Bukan untuk Indonesia

- detikOto
Jakarta -

Nissan memiliki sebuah mobil murah bernama Venucia R30 di China. Mobil ini dilepas di negeri Tiongkok dengan harga hanya Rp 75 jutaan saja. Apakah mobil ini akan masuk Indonesia?

Seperti detikOto beritakan sebelumnya, mobil murah Nissan itu adalah Venucia R30, sebuah mobil murah yang diperkenalkan Nissan di China dengan harga 39.900 RMB atau sekitar Rp 75 jutaan.

Bagi yang belum tahu, Venucia adalah brand yang diciptakan Dongfeng Nissan Passenger Vehicle Company (DFL-PV), sebuah perusahaan joint venture antara Nissan dan Dongfeng Motor Co., Ltd. (DFL). Sementara Venucia diambil dari mitologi Romawi, Venus.

Venucia yang sejak April 2012 telah berhasil menjual 200.000 mobil ini baru saja memperkenalkan model keempat mereka, Venucia R30 yang dikembangkan dari platform global Nissan untuk pembeli mobil pertama di China.

Venucia mengatakan kalau R30 merupakan perpaduan kualitas dengan harga yang ramah pada kantong pembeli.

Dijantungnya ada mesin HR12DE berkapasitas 1.2 liter yang memadukan kekuatan dengan keiritan bahan bakar.

Mesin HR12DE tadi merupakan mesin yang pernah digunakan oleh Micra (March), Almera dan Note. Mesin itu memiliki tenaga hingga 80 PS dengan torsi 108 Nm. Mesin 1.0 liter juga tengah mereka persiapkan.

Mesin itulah yang akan menggerakkan tubuh Venucia R30 yang memiliki dimensi 3.775x1665x1530 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.450 mm.

Menanggapi kemungkinan mobil ini masuk Indonesia, General Manager Marketing Strategy and Communication Division PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin menepisnya.

"Tidak ada (rencana)," katanya kepada detikOto. "Itu khusus buat China," tuntasnya.

(syu/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com