Senin, 14 Jul 2014 13:50 WIB

Volvo Setop Produksi XC90 Model Lama

- detikOto
Torslanda - Anda pencinta Volvo mungkin sedih mendengar kabar yang kurang baik ini. Produsen mobil asal Swedia ini resmi menghentikan produksi model XC90 lama yang merupakan mobil ikonik selama 12 tahun di sektor SUV global.

Dalam keterangan resminya, Senin (14/7/2014) setelah memproduksi 636.143 unit, Volvo memutuskan untuk menghentikan produksi XC90 model lama untuk memberikan ruang bagi generasi XC90 berikutnya untuk masuk ke jalur produksi.

Sebagai penghormatan, XC90 yang diproduksi terakhir di Gotenburg akan disimpan ke Museum Volvo yang letaknya di Gotenburg. Namun, produksi XC90 masih akan dilakukan di pabrik Volvo yang berada di Daqing, Tiongkok pada akhir tahun mendatang.

Volvo XC90 ini nantinya akan menggunakan nama XC Classic yang hanya akan dijual di pasar otomotif Tiongkok.

Untuk XC90 model terbarunya akan di produksi di pabrik Torslanda dan akan diperkenalkan pada bulan Agustus dan mulai diproduksi pada akhir Januari tahun 2015 mendatang.

"Kami menggunakan hipotesis kerja 'The Next Generation SUV'," kata Volvo Cars project director Hans Wikman. "Dengan kata lain, dalam XC90 kami akan menunjukkan solusi inovatif untuk kelemahan yang tidak dimiliki kompetitor," bebernya.

Tak hanya itu, sebagai mobil ikonik Volvo XC90 juga memiliki 5 inovasi global. Ke-5 inovasi itu adalah Roll Stability Control (RSC), ROPS, Tirai inflatable, Sabuk Pengaman tensioner pada semua kursi dan yang terakhir adalah adanya pelindung di bagian depan sehingga mampu melindungi penumpang depan saat terjadi kecelakaan.

Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) Amerika juga pernah menobatkan mobil ini sebagai kendaraan yang paling aman di kelasnya.

Jantung pacu mobil ini dibekali 5 dan 6 silinder dan pada tahun 2004 diperkuat dengan mesin V8 yang terbuat dari alumunium dan dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Nah, buat pecinta XC90 jangan berkecil hati, sebab XC90 generasi berikutnya akan tetap dikembangkan dengan teknologi yang mutakhir.

"XC90 model terbaru kami tidak hanya mengutamakan perkembangan alami dari sebuah mobil yang sukses karena mobil ini juga akan menjadi contoh yang sangat baik dari transformasi Volvo Cars baik dalam perusahaan dan perspektif merek," tuntas Senior Vice President Product Strategy & Vehicle Line Management at Volvo Cars Lex Kerssemakers.

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com