Senin, 28 Apr 2014 21:23 WIB

Proton Siapkan Pesaing Avanza, Xenia dan Ertiga

- detikOto
Jakarta - Kendaraan low MPV kini merajai pasar otomotif Indonesia. Pasar low MPV 7 penumpang sepertinya belum akan tergantikan dengan model lain.

Pabrikan mobil asal Malaysia, Proton tergiur melihat kondisi ini. Proton pun bersiap menghadirkan low MPV sekelas.

"Kompetisi low MPV berat, Mobilio masuk langsung geser Ertiga. Proton ada rencana ada kelas di bawah Exora tapi belum tahu kapan karena baru rencana," kata Head of Sales Division PEI Winara Arigayo.

Menurut Winara, low MPV Proton yang dimaksud akan menyanging low MPV seperti Avanza, Ertiga, Mobilio, Spin, Xenia. Bentuknya lebih kecil dari Exora, karena dimensi Exora setara dengan Toyota Innova.

"Exora secara dimensi bongsor bahkan setara dengan Innova," pungkasnya.

Foto: Berkelana dengan MPV Exora Prime

Dijelaskan Winara, MPV harga terjangkau tersebut sedang dalam pembahasan. Kendaraan tersebut bisa saja tidak hanya untuk pasar otomotif Indonesia tapi beberapa negara potensial.

Ketika disunggung soal lokasi pengembangan, dikatakan Winara, bisa jadi pengembangan low MPV Proton dikembangkan di Malaysia, namun tidak menutup kemungkinan low MPV tersebut dikembangkan Proton di Indonesia.

"Sedang dalam pembahasan. Pengembangan di Malaysia juga bisa. Bisa dikembangkan di Indonesia atau Malaysia," ucapnya.

Dia menambahkan, jika low MPV Exora tersebut resmi dipasarkan, bukan tidak mungkin menjadi tulang punggung penjualan Exora di Malaysia dan beberapa negara potensial.

"Kalau di Indonesia Exora pertama, Saga kedua. Di Malaysia, Saga pertama dan kedua Exora," pungkas Winara.

Winara menambahkan, saat ini low MPV Proton terus digodok untuk bisa menyaingi MPV sekelas asal Jepang dan Merika Serikat yang sudah lama mengaspal. Winara pun menilai tidak ada kata terlambat menghadirkan low MPV karena segmen ini akan terus tumbuh.



(ikh/syu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com