Mobil Hidrogen Toyota dan Honda Harganya di Bawah Rp 1 Miliar!

- detikOto
Rabu, 26 Mar 2014 18:51 WIB
Toyota FCV
Tokyo - Setelah mobil hybrid, duo Jepang, Honda dan Toyota melirik bahan bakar lain. Hidrogen. Keduanya akan mulai memasarkan mobil hidrogen pada 2015 dengan produksi masing-masing 1.000 unit per tahunnya.

Harian Jepang, Nikkei, seperti dilansir Reuters, Rabu (26/3/2014) menulis, harga kedua mobil hidrogen ini diyakini akan berada di bawah 10 juta yen atau Rp 1,1 miliar.

Salah satu keuntungan mobil hidrogen adalah mobil ini memiliki range yang lebih jauh ketimbang mobil listrik yang sudah dipasarkan.

Mobil hydrogen Honda misalnya FCEV, dilaporkan bisa menjangkau 500 km, dua kali lipat jarak dari mobil listrik. Honda akan menjual mobil ini di Jepang, Amerika dan Eropa. Dalam 5 tahun, Honda menargetkan bisa menjual 5.000 unit per tahunnya.

Sementara Toyota, yang saat ini menjadi pemimpin segmen mobil hybrid, juga akan merilis mobil hybrid FCV di Jepang, Amerika dan Eropa. Di 2020, Toyota menargetkan bisa meningkatkan kapasitas sampai 10.000 unit per tahun.

Namun upaya kedua pabrikan untuk mengembangkan mobil hidrogen ini sering dicibir pabrikan lain.

Mereka menilai mengembangkan mobil hydrogen terlalu banyak risiko. Belum masalah pengisian hidrogen yang membutuhkan infrastruktur yang mahal dan belum layak secara ekonomi.



(ddn/ddn)