Rabu, 16 Okt 2013 16:02 WIB

Jaguar Land Rover Produksi Bir di China?

- detikOto
Hunan - Tidak bisa dipungkiri kalau Jaguar Land Rover adalah merek Inggris yang dipercaya banyak orang sebagai pembuat mobil yang menawan sekaligus kuat. Namun di China, nama Jaguar Land Rover adalah nama sebuah bir.

Di China, merek Inggris ini telah berhasil meningkatkan penjualan hingga 217,5 persen pada bulan September lalu setelah menjual 1.648 unit mobil.

Popularitas itulah yang mungkin dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan bir berbasis di Hunan. Mereka pernah menggunakan nama Mei Zhou Bao, nama yang pada dasarnya adalah mobil Jaguar dalam bahasa Cina. Tapi kemudian mereka berubah menjadi Jie Bao ketika Jaguar resmi diluncurkan di China, Jie Bao berarti kucing besar .

Kini nama bir itu berubah menjadi Leopard Beer, namun di bawah nama itu pada kemasan juga tertera nama Jaguar Land Rover (UK) LTD seolah bir tersebut adalah produksi dari Jaguar Land Rover. Namun, itu tidaklah aneh. Sebab di Hunan banyak bir bermerek unik. Jeep Beer juga lahir disana.

Analis SAB Miller China pernah mengungkapkan kalau China adalah pasar bir terbesar di dunia. Dengan begitu, konsumen diperkirakan melahap semua merek meski yang mengguasai pasar masih Tsingtao dan Snow.

(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com