Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 08 Juni 2017, 17:03 WIB

Diler Terima Inden MPV, Mitsubishi: yang Penting Tak Janji Berlebihan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Diler Terima Inden MPV, Mitsubishi: yang Penting Tak Janji Berlebihan Mitsubishi XM Concept (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Jakarta -

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan meluncurkan produk small MPV baru pesaing Avanza-Xenia cs. Diler Mitsubishi disebut sudah mulai menerima inden small MPV itu.

Namun, pihak MMKSI mengonfirmasi bahwa inden MPV itu belum dibuka secara resmi. Hanya, diler-diler mungkin mengoleksi data calon konsumen MPV Mitsubishi yang tertarik.

Hal itu dikatakan oleh Director of Sales and Markeing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro. Dia menegaskan bahwa MMKSI belum membuka inden secara resmi.

"Ya di diler-diler katanya sudah banyak terima inden. Saya juga enggak tahu pasti, belum menghitung, cuma ya pasti ada aja. Kalau saya lihat itu sih sangat wajar, karena memang konsumen mungkin enggak sabar," kata Irwan Irwan di Jakarta.

Namun yang penting, kata Irwan, diler yang menerima inden MPV tersebut tak menjanjikan berlebihan terkait produk MPV Mitsubishi itu. Jadi, ketika diluncurkan nantinya, konsumen yang sudah menyerahkan data tidak kecewa.

"Jangan janji delivery, tipe atau apa lah karena semua memang belum di-disclose, belum di-announce ke diler. Kami menghindari customer komplain karena berlebihan janjinya," ujar Irwan.

"Saya sih dengar, kalau kami ada pameran di beberapa kota, display XM Concept dan itu katanya selalu ada yang inden. Ya makanya, tidak apa-apa, enggak bisa dihindari itu, fine. Nanti begitu MMKSI buka inden resmi tinggal ditarik semua datanya. Enggak salah juga kalau diler mulai collect prospek, atau buka inden, malah ada yang katanya buka bayar booking fee segala. Cuma pesan saya ya itu, hati-hati jangan sampai nanti ada komplain karena over promise karena janji delivery, janji modelnya, tipenya, harganya," lanjut Irwan.

Irwan menambahkan, pembukaan inden MPV Mitsubishi itu merupakan inisiatif diler. Namun, Mitsubishi melihat, fenomena ini malah menjadi respons positif terhadap MPV Mitsubishi yang bakal diluncurkan tahun ini.

"Sebenarnya enggak ada di policy dari MMKSI (untuk inden MPV Mitsubishi). Itu inisiatif diler aja. Intinya ya jangan sampai over promise. Nanti pada saatnya MMKSI buka inden, yang sudah didata sama diler tinggal diinput lah. Nanti kalau kami udah bikin sistemnya, baru nanti tahu aturan mainnya gimana. Sekarang saya belum bisa bicara aturan mainnya kayak apa, juga pasti kami ada sistem. Diler harus input dan segala macam," ujar Irwan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +