Salut! Komunitas Nmax RI Jalin Kekerabatan dengan Bikers Eropa-Amerika

Nurcholis Maarif - detikOto
Selasa, 19 Okt 2021 11:58 WIB
Yamaha NMAX
Foto: Dok. Yamaha
Jakarta -

Yamaha MAXI Series merupakan salah satu seri skuter yang dapat digunakan kaum urban untuk menunjang aktivitas dan mobilitas sehari-hari. Memiliki karakter yang dinamis, gesit, dan lincah dalam menembus kemacetan, menjadi beberapa alasan skutik pabrikan Yamaha itu menjadi pilihan utama.

Tak hanya dalam kota, line up MAXI Series yang terdiri dari Xmax, NMax, Aerox, dan Lexi, itu juga enak dan cocok buat kebutuhan lainnya. Mulai dari touring buat bikers yang suka bepergian hingga gampang dimodifikasi bagi konsumen kreatif yang menggemarinya. Apalagi dengan kehadiran fitur konektivitas yang saat ini telah tersemat pada NMAX dan Aerox generasi terbaru, makin menggairahkan gaya hidup penggunanya di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital.

Hal itu yang dirasakan dalam keseruan komunitas Maxi Yamaha, salah satunya adalah Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI). Ketua Umum YNCI, Yudi Kusuma, mengatakan sejak berdiri tahun 2015, saat ini YNCI sudah memiliki 260 chapter.

"(Setiap tahun) makin nambah. YNCI berdiri tahun 2015. Dari 5 orang pendiri termasuk saya, pertama kali chapter ada 19. Naik di ulang tahun pertama 74 chapter, di ulang tahun kedua naik jadi 100-an lah. Tahun ketiga, keempat, kelima udah 260, kita akhirnya lebih selektif nerima orang untuk masuk sini," ujarnya kepada detikcom belum lama ini.

"Karena kita organisasi klub yang terorganisir dengan aturan dan legalitas hukum. Kita sudah ada SK Menkumham, ada NPWP, rekening organisasi, memang kita kelola (klub ini) dengan manajemen yang baik," imbuhnya.

Menurut Yudi, banyak bikers yang bergabung karena dipertemukan dengan hobi yang sama. Pada perkembangannya, bikers yang bergabung akhirnya tak hanya dapat menyalurkan hobinya saja, tapi juga kekeluargaan dan aktivitas yang lain.

"Kalau kekeluargaan itu dasar kita nomor satu. Saya jujur karena YNCI ini jadi banyak saudara, ke mana aja orang nyambut kita kaya saudaranya. Nginep di rumahnya, padahal kan kita nggak terlalu kenal, kalau ke mana-mana. Istilahnya makan tidur tuh ga susah lah kalau touring ke mana-mana. Cukup cari uang bensin aja," ujarnya.

YNCI, kata Yudi, memiliki acara rutin tahunan seperti gathering nasional dan touring merdeka. Lalu acara rutin bulanan seperti kopdar dan touring. Sementara itu, YNCI juga sedang merencanakan program besar, yaitu touring keliling Indonesia di tahun 2022 nanti.

"Kita mau bikin konten tentang Indonesia versi anak motor, program besar banget. Kalau soal rencana kemungkinan 6 etape, itu 6-7 bulan. 1 etape bisa 1 bulan perjalanan, bikin konten, destinasi wisata Indonesia. Kalau bisa orang itu belum tahu kalau di kota ini ada YNCI ada destinasi wisatanya, ntar kita bikin konten di YouTube," ujarnya.

Selain itu, kata Yudi, YNCI memiliki divisi khusus untuk program-program sosial. Misalnya, belum lama ini, anggota YNCI bekerjasama dengan relawan tabung oksigen untuk mengantarkan tabung oksigen ke orang yang sedang isolasi karena COVID-19.

"Di YNCI ada YNCI Rescue, divisi sosial kita, jadi kalau kita sosial humanity larinya ke sana. Kemarin kita ada YNCI kerja sama relawan tabung oksigen, jadi kita men-delivery tabung-tabung oksigennya ke orang yang isolasi. Kita juga pernah pembagian masker, terus bagi-bagi hand sanitizer sampai 10 ribu hingga 15 ribu lah," ujarnya.

Lebih lanjut Yudi mengatakan komunitas pencinta Nmax yang didirikannya itu juga tergabung dengan komunitas pencinta Nmax di berbagai negara. Bahkan menurutnya, Indonesia bisa dibilang menjadi sentra Nmax dunia.


"Ada namanya Yamaha Nmax Club Worldwide, dibilangnya ter-connected dengan klub-klub Nmax di beberapa negara, kaya di Turki, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, terus Argentina. Kebetulan saya leadernya juga di situ. Kita pernah bikin online meeting, terus dia ngebahasnya seputar organisasi sama aksesoris," ujarnya.

"Karena Indonesia kan sentralnya Nmax yah, (apalagi soal) variasi, kalau dulu kan Thailand yah didominasi. Nmax itu sekarang di Indonesia, jadi variasi atau apanya itu dominan di Indonesia. Sebelum negara lain keluar, kita udah keluar duluan," imbuhnya.

Hal itu menurutnya tak lepas juga dari dukungan Yamaha Indonesia. Menurut Yudi, Nmax merupakan motor yang sesuai ekspektasi. Dari segi desain, fitur, maupun performa mesin untuk berkendara.

"Overall menurut saya, Nmax adalah motor yang sesuai dengan ekspektasi yang saya harapin sih. Karena waktu awal keluar pas tahun 2015 tuh yang pertama saya lihat adalah desain, itu simpel, nggak norak, terus motornya gede matik. Saya langsung tertarik," ujarnya.

"Terus bisa dimodifikasi apa aja. Modifikasi touring bisa, modifikasi racing bisa, dibikin classic bisa, istilahnya desainnya dapat feel-nya ke mana aja," imbuhnya.



Simak Video "Keren! Yamaha Rilis Aerox Baru dengan Livery Spesial"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)