Ini Fitur All New Yamaha Nmax 155 yang Bikin Pede saat Bermanuver

Advertorial - detikOto
Kamis, 30 Sep 2021 23:18 WIB
adv
Foto: Yamaha
Jakarta - Bikers yang gemar touring atau perjalanan jauh biasa dihadapkan dengan berbagai kondisi jalan, termasuk rute menantang yang penuh akan tikungan. Tapi nggak boleh sembarangan rebah dan tarik gas saat masuk tikungan. Selain teknik berkendara, tentunya harus didukung oleh kemampuan motor yang dikendarai itu sendiri.

Body bongsor tak mengurangi kelincahan All New Yamaha NMax 155 Connected/ABS. Motor ini dibekali fitur mumpuni agar bikers bisa lebih percaya diri ketika melewati tikungan di jalan.

Mau tahu apa saja fitur penunjang kestabilan yang ada di All New NMax 155 Connected/ABS? Berikut ulasannya.

1. Rangka

advadv Foto: adv_yamaha

All New Nmax 155 Connected/ABS memiliki bodi ringan, dan sasis yang didesain rigid. Perubahan setelan dari Nmax generasi sebelumnya ini menghasilkan kenyamanan berkendara serta kemampuan manuver yang lebih baik.

Produk dari keluarga MAXi Yamaha ini juga terkenal dengan segitiga ergonomi berkendara yang rileks. Itu berkat jarak antara setang dan tempat duduk dibuat proporsional yang membuat tangan pengendara sejajar dan tidak membungkuk. Selain itu, pijakan kaki yang lebar dapat menunjang riding position yang rileks, termasuk saat di tikungan.

Di sisi lain sasis baru serta desain cover body bawah yang menyudut cukup aman diajak bermanuver untuk pemakaian harian maupun touring.

2. Rear Sub-tank & Adjustable Pre-load

adv

Foto: Yamaha

Salah satu keunggulan All New NMAX 155 Connected/ABS dibanding kompetitornya adalah kehadiran rear subtank pada suspensi belakang. Rear sub-tank ini mampu mengoptimalkan redaman pada saat melewati jalan bergelombang ataupun rusak. Selain itu, suspensi belakang motor juga dilengkapi dengan dua tingkat penyetelan pre-load yang bisa dipilih sesuai dengan refrensi beban yang akan dibawa.

Biasanya saat sedang berkendara sendirian, posisi stelan pre-load berada di angka satu. Pada posisi ini karakter suspensi lebih lembut dan memang nyaman untuk single riding. Sementara ketika berboncengan, stelan pre-load bisa dirubah ke angka dua dimana posisi per menjadi lebih tertekan dan sedikit keras untuk mencegah terjadinya mentok atau bottoming saat sedang tandem riding melewati jalan bergelombang atau rusak.

3. Ban yang Lebar

Salah satu racikan kestabilan skutik bongsor 155 cc ini datang dari penggunaan ban bertapak lebar. Skutik bongsor ini mengaplikasikan ban berukuran 110/70-13 di bagian depan dan 130/70-13 di bagian belakang.

Dengan ukuran tapak lebar, traksi ban ke permukaan jalan tentu menjadi lebih optimal sehingga meningkatkan stabilitas ketika menikung. Selain itu, ban dengan ukuran lebar juga lebih baik dibanding ban ukuran kecil karena lebih kuat terhadap benturan.

4. Dual Channel ABS

adv

Fitur Dual Channel ABS pada roda depan dan belakang All New Nmax 155 Connected/ABS, membuat pengereman motor menjadi lebih stabil dan optimal. Selain itu, teknologi ABS menghindari risiko roda mengunci ketika melakukan rem secara mendadak, termasuk saat melaju di tikungan. Teknologi ABS juga sangat membantu pengereman di jalan licin saat hujan atau ketika melewati genangan sehingga ban tidak selip.

Dalam pengoperasiannya, pengguna All New Nmax 155 Connected/ABS juga perlu memperhatikan lampu indikator ABS di bagian speedometer. Karena fungsi dari kehadirannya adalah untuk memberikan notifikasi kepada pengendara, terkait kondisi peranti ABS yang tertanam pada motor.

Jika lampu indikator tersebut menyala selama motor dikendarai, artinya telah terjadi malfungsi pada sistem pengereman ABS. Dalam kondisi ini, pemilik kendaraan sangat disarankan untuk segara membawa motor ke dealer resmi Yamaha terdekat guna dilakukan pengecekan lebih lanjut. Untuk mempermudah proses pencarian lokasi dealer terdekat, konsumen dapat juga memanfaatkan aplikasi My Yamaha Motor.

5. Traction Control System (TCS)

adv

Foto: Yamaha

Traction Control System (TCS) menjadi salah satu fitur unggulan pada All New Nmax 155 Connected/ABS. Fitur ini berfungsi untuk menyelaraskan putaran roda depan dan belakang, sehingga motor memiliki traksi yang maksimal dan mencegah terjadinya selip, khususnya saat berakselerasi di permukaan jalan yang licin.

Pada All New NMAX 155 Connected ABS, TCS dapat disetel aktif dan non-aktif melalui tombol switch control yang terletak di kiri stang kemudi, dimana tampilan menu pilihan dapat dilihat melalui tampilan speedometer. (adv/adv)