Senin, 30 Apr 2018 10:33 WIB

Munggahan ala Rider Trail, Gagahi Hutan dan Sungai Cikao

Dian Firmansyah - detikOto
Rider Trail jajal cikao park purwakarta. Foto: Dian Firmansyah Rider Trail jajal cikao park purwakarta. Foto: Dian Firmansyah
Purwakarta - Ribuan Rider Trail Se-Jawa Barat, jajal keganasan hutan dan Sungai Cikao di Kawasan Wisata Cikao Park, di Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta.

Jalur trek yang melintas di sekitar kawasan wisata menjadi daya tarik tersendiri bagi para rider.

"Cikao Park Trail Adventure 2018 digelar pertama kali di kawasan wisata. Olahraga plus berwisata, berbagai hiburan dan rekreasi juga kita siapkan," ujar Dirut PT Cagar Alam Cikao Park, Afrizal Hadi, kepada awak media di lokasi, Minggu (29/04/2018) kemarin.



Para rider disambut dengan derasnya Sungai Cikao sebelum memasuki rintangan selanjutnya di dalam hutan dan perbukitan. Sedikitnya ada 18 titik turunan dan tanjakkan tajam yang harus ditaklukkan.

"Terdapat lintasan yang cukup menantang untuk ditaklukkan, yaitu tanjakan yang mencapai kemiringan 80 derajat dan panjang sekitar 20 meter," ucapnya menambahkan.

Menurut Slamet panitia pelaksana, event ini digelar sebagai ajang silaturahmi juga mengasah kemampuan peserta di jalur lintasan yang ada di Cikao Park.

"Bentar lagikan bulan puasa jadi sekalian munggahan. Momen silaturahmi juga buat rider se-Jawa Barat," ujarnya.

Diakui oleh salah satu peserta asal club Asrek Purwakarta Tracker. Jalur di kawasan wisata ini cukup menantang sehingga dibutuhkan keahlian lebih dalam menunggangi kuda besinya.

"Jalurnya mantap, membutuhkan keterampilan dan keuletan. Salah satu jalur taktikal yang ada di Purwakarta," ujar Kemal SA tracker yang biasa disapa Jhon Kemed.



Menurutnya, olahraga dengan motor trail harus menggunakan motor yang didesain khusus agar bisa bertempur di medan berat, terjal, naik gunung, atau lainnya.

"Motor trail memiliki ciri ground clearace tinggi, torsi besar untuk memudahkan mendaki, bodi kokoh, dan top speed rendah. Jenis ban yang digunakan pun bukan jenis yang sembarangan. Melainkan jenis ban khusus dengan batik yang kasar," demikian Jhon Kemed.

Dalam event yang digelar Club Asrex Purwakarta Tracker, TNI dan Polri atas kerja sama dengan Manajemen Kawasan Wisata Cikao Park itu disediakan doorprize dua buah sepeda motor; jenis trail dan skuter matik. Dan hadiah-hadiah hiburan lainnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed