Garang di Jalan, Komunitas Ini Ikut Ulurkan Tangan Bagi Korban Gempa Sulbar

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 04 Feb 2021 21:35 WIB
Komunitas ID42NER bantu korban gempa
Komunitas ID42NER bantu korban gempa Foto: dok. Komunitas ID42NER
Jakarta -

Sulawesi Barat masih berduka atas musibah gempa bumi 6,2 Magnitudo pada 25 Januari 2021 lalu. Merasa ikut terpanggil Komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42Ner) langsung turun tangan dengan memberi bantuan kepada korban bencana alam di daerah yang paling terdampak yakni Kabupaten Mamuju dan Majene.

Dalam rilis yang diterima detikOto, tepat 30-31 Januari 2021 kemarin ID42Ner coba memberi bantuan langsung kepada para korban bencana alam di Kabupaten Majuju dan Majene, dengan memberi bahan pokok makanan, mie instan, ikan kemasan kaleng, garam bumbu dapur, kopi sachet, gula pasir, kue/roti kering, air mineral, selimut dan sebagainya.

"Semoga bantuan sosial ini dapat meringankan sedikit beban saudara-saudara kita yang terdampak dan ini membuktikan Komunitas ID42NER ikut hadir sesuai visi komunitas "Jurney for humanity"," ungkap sebagai Ketua Umum Komunitas ID42NER, Ary Yunanto.

Pelaksanaan Bakti sosial di Sulawesi Barat ini diwakili dua Chapter ID42NER yakni Chapter Sulawesi Tengah sebagai pelaksana kegiatan di Kabupaten Mamuju, sedangkan Chapter Sulawesi Selatan sebagai pelaksana giat di Kabupaten Majene.

"Kami melakukan giat bakti sosial ini dengan cara menyerahkan langsung ke daerah yang terdampak, yaitu di Desa Ulumanda dan Desa Popenga, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, agar saudara-saudara kita dapat langsung menerimanya," ujar Antho Batara sebagai Ketua Chapter ID42NER Sulsel.

Komunitas ID42NER bantu korban gempaKomunitas ID42NER bantu korban gempa Foto: dok. Komunitas ID42NER

"Kami senang melakukan giat kemanusiaan ini walaupun harus menempuh perjalanan 9 jam dari Kota Makasar dengan 7 kendaraan Fortuner secara konvoi," tambah Antho.

Dikatakan ID42NER Chapter Sulawesi Tengah berusaha mendistribusi bantuan sosial ini secara langsung ke tengah masyarakat pengungsian di Mamuju tanpa melalui posko-posko pengungsian.

"Kami langsung menyerahkan bantuan dengan konvoi 3 kendaraan Fortuner dari Palu, Sulteng dengan menempuh perjalanan selama 10 Jam," ungkap Mat Paransa selaku Ketua Chapter ID42NER Sulteng.

Meski coba memberi bantuan kepada para korban bencana alam, penerapan prototol kesehatan tetap dilaksanakan dengan baik selama proses bantuan kemanusiaan ini dan ID42NER berharap Provinsi Sulawesi Barat segera bangkit kembali.



Simak Video "Seperti di Jogja, Komunitas di Solo Turut Bagikan Makanan Kucing"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)