Rabu, 18 Sep 2019 16:28 WIB

Penyegaran Calya di Mata Pencintanya

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota Calya model 2019 Foto: Rifkianto Nugroho Toyota Calya model 2019 Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Penyegaran yang dilakukan PT Toyota Astra-Motor pada mobil LCGC Calya memancing beragam respons dari pencintanya, salah satunya dari Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI).

Humas Komunitas Toyota Calya Indonesia Rizal Gozali mengatakan pembaruan pada mobil Calya memang terlihat lebih segar. Kendati beberapa anggota di komunitasnya bisa mendapatkan di produk aftermarket.

"Kelanjutan dari yang lama. Hanya refresh. Interior ada beberapa part yang ditambah, kayak sekarang terus sudah double DIN sudah touchscreen, spion sudah retrach, steering audio, kalau dari segi komunitas kita banyak modifikasi seperti itu, kecuali bemper depan sama alis belakang," kata Rizal saat berbincang dengan detikcom di Jakarta.



Satu hal yang turut menjadi perhatian pecinta Calya yakni belum digunakannya AC Double Blower. "Ini masih minor change, AC ternyata belum (double blower)," kata Rizal.

Sebelumnya pihak TAM sendiri mengungkapkan tetap kekeh untuk tidak menggunakan Double Blower pada Toyota Calya. Dengan menggunakan double blower tentu akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Hal ini tentunya tidak sejalan dengan fuel consumption dari mobil LCGC.

"Karena kalau kita tambahkan dengan double blower ada hal lain yang kita yang dikorbankan, contohnya konsumsi bahan bakar," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi.



"Jadi hal-hal itu yang masih kita pertimbangkan sehingga pada saat ini kita masih menggunakan air conditioning yang sekarang. Rasanya masih bisa memenuhi cooling effect, tapi juga bisa mempertahankan DNA dari kami adalah fuel consumption yang sangat baik," tutur Anton.

Kendati demikian, Rizal mengatakan pembaruan di segmen eksterior cukup menarik perhatian untuk memboyong Calya terbaru. Namun pertimbangan umur mobil yang masih muda dan mumpuni enggan membuatnya untuk segera pindah.

"Memikat sih, tampilan lebih fresh. Mau pindah (upgrade ke New Calya) seperti itu (karena desain)," kata Rizal.

Lain lagi dengan Ketua Umum Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) Sapto Prayitno, ia mengaku senang dengan penampilan terbaru dari Calya.

Apalagi hanya dengan menambah Rp 2 juta dari harga yang lama sudah bisa mendapatkan fitur-fitur baru seperti New Touchscreen Head Unit (tipe G), New Audio Steering Switch (tipe G), New Under Seat Compartment Tray (tipe G A/T), Illumination on A/T Indicator (tipe G A/T), Driver Seat Back Pocket (tipe G), serta Front Console Box (tipe G). Lampunya juga sudah LED, ada spion lipat juga.

"Kemarin retractable mirror bikin 1,5 ini tambah Rp 2 juta sudah dapat semuanya," kata Sapto.

Simak Video "Fenomena Crosshijaber Bikin Resah, Pengurus Masjid Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com