Rabu, 29 Mei 2019 17:09 WIB

Tips Mudik Pakai Mobil, Istirahat Tiap 4 Jam dan Kurangi Minum Kopi

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Mobil jadi salah satu pilihan transportasi utama untuk mudik tahun 2019. Terlebih sekarang sudah ada ruas tol Trans Jawa yang tersambung dari Banten hingga Jawa Timur. Waktu tempuh transportasi darat pun jadi makin cepat.

Bagi Anda yang ingin melakukan ritual mudik tahun ini dengan mobil pribadi, ada tips dan saran dari komunitas Innova Community, nih.



"Kami sangat peduli dengan keselamatan berkendara. Oleh karena itu sebelum mudik berlangsung, kami selalu memberikan pembekalan Safety Driving kepada para member baik. Harapan kami, dapat memberikan contoh yang baik khususnya kepada komunitas otomotif lainnya dan masyarakat pada umumnya," ujar Ketua Harian Innova Community Pusat, Fransisca FA, kepada detikcom.

Banyak aspek yang perlu diperhatikan, baik oleh para pengemudi dan penumpang dalam melakukan perjalanan mudik. Salah satu penting, menjaga stamina kesehatan fisik dan mengecek kendaraan yang akan di gunakan.



"Selain itu, jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Usahakan hindari minuman kafein dalam jumlah banyak sebelum mudik. Karena kadar glukosa yang tinggi akan membuat pengemudi cepat lelah," terang Fransisca.

"Lebih baik mengkonsumsi minuman berenergi buatan sendiri. Contoh air putih yang diberi perasan lemon. Istirahat yang cukup, beristirahatlah setiap menempuh 4 jam perjalanan. Patuhi semua rambu-rambu lalu lintas agar terhindar dari kejadian yang tidak di inginkan," saran Fransisca.



Jangan lupa, cek juga kendaraan sebelum digunakan mudik. Hal dasar yang perlu di periksa adalah tekanan ban, air radiator, oli mesin dan minyak rem. Sementara untuk pengecekan lebih detil bisa di lakukan di bengkel resmi. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed