Selasa, 14 Agu 2018 15:29 WIB

Tujuan Mulia Komunitas Fortuner yang Viral di Banten

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dok. ID42NER Foto: Dok. ID42NER
Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan video viral yang menggambarkan rombongan Fortuner melawan arus. Dalam video itu terekam rombongan Fortuner dari komunitas ID42NER mengambil jalur lawan arah untuk lolos dari kemacetan.

Sebenarnya, rombongan komunitas itu memiliki tujuan mulia dalam melakukan konvoi tersebut. Komunitas pecinta mobil SUV bongsor yang tergabung dalam Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42NER) melakukan touring sekaligus menyelenggarakan kegiatan bakti sosial. Saat video direkam, rombongan ID42NER dalam perjalanan untuk melakukan bakti sosial.

Touring sekaligus baksos ini merupakan agenda rutin yang dilakukan hampir sebulan sekali di berbagai daerah. Agenda ini dilakukan dalam rangka menguatkan tali silatuhami antar anggota dengan kerap mengusung tema nasional.



"Pada bulan Agustus ini, tema nasional yang kami angkat adalah untuk menyambut HUT ke-73 Republik Indonesia sekaligus mengkampanyekan dukungan pelaksanaan Asian Games 2018," kata Wakil Presiden ID42NER, Duta Erlangga di Serang, Banten, Minggu (12/8/2018).

Duta menjelaskan, komunitasnya selalu membawa misi kegiatan yang positif. Menurutnya, sebagai anak bangsa perlu memperingati Hari Kemerdekaan RI sebagai momentum untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan. Misalnya, dengan meningkatkan rasa kepedulian atau berbagi antar sesama.

"Melalui semangat kebersamaan, kami terus mengimbau dan mengajak kepada seluruh chapter dan korwil ID42NER supaya dalam melakukan kegiatan touring, diwajibkan untuk melakukan bakti sosial kepada masyarakat yang membutuhkan," tuturnya.

Komunitas Toyota Fortuner Melakukan Bakti Sosial di Banten. Komunitas Toyota Fortuner Melakukan Bakti Sosial di Banten. Foto: Dok. ID42NER


Konvoi kendaraan Fortuner itu berangkat dari Jakarta menuju Pondok Pesantren Al-Khairiyah yang berlokasi di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Tim ID42NER memberikan donasi sebanyak Rp 22 juta untuk pembangunan madrasah serta santunan anak yatim dan orang jompo di bawah binaan yayasan pondok pesantren tersebut.

Abi (8 tahun), salah satu anak yatim yang mengaku sangat senang karena telah menerima santunan dari komunitas ID42NER. "Saya mengucapkan terima kasih yang banyak. Bantuan ini akan saya gunakan untuk membeli alat-alat sekolah," ungkapnya.



Sementara itu, Hasan, pria berusia sekitar 70 tahun merasa terharu dengan adanya kegiatan bakti sosial ini. "Saya sebagai orang jompo hanya bisa membalas dengan doa ya, semoga semuanya diberi kesehatan dan ditambahkan rezekinya," ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh tokoh masyarakat dan pejabat daerah, di antaranya Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Herdi Jauhari, Kepala Seksi Angkutan Provinsi Banten, Achmad Najiullah, serta Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Linda.

Saat ini, ID42NER juga tengah aktif menyosialisasikan dan turut menyukseskan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. "Di beberapa kendaraan anggota kami, sudah ada yang dipasang stiker Asian Games 2018 sebagai tanda dukungan terhadap pelaksanaan event tersebut," terangnya.

Duta menambahkan, selama perjalanan dua hari (11-12 Agustus 2018), seluruh peserta telah mematuhi peraturan lalu lintas serta mengikuti instruksi dari petugas patwal dan kepolisian setempat. Bahkan, setiap kegiatan ID42NER sudah mendapatkan izin dari pihak yang berwenang.

"Sebagai komunitas otomotif yang berkembang pesat, ID42NER selalu berkomitmen untuk tunduk dan taat pada hukum dan aturan lalu lintas yang berlaku," tegasnya. Untuk itu, komunitas ini memberikan apresiasi terhadap petugas dan masyarakat yang telah membantu rangkaian acara dapat berjalan lancar dan sukses.


Ini video Touring Fortuner Lawan Arah dan Bikin Macet
[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed