Selasa, 14 Agu 2018 14:13 WIB

Viral Lawan Arus, Komunitas Fortuner Minta Maaf

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Viral! Rombongan Fortuner Lawan Arus. Foto: Screenshot Video Facebook Viral! Rombongan Fortuner Lawan Arus. Foto: Screenshot Video Facebook
Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan rombongan komunitas Toyota Fortuner yang melawan arah. Komunitas ID42NER memberikan klarifikasinya di grup Facebook.

Dikonfirmasi, video yang beredar viral itu adalah komunitas ID42NER yang melakukan kegiatan touring di Anyer, Banten. Rombongan itu melakukan perjalanan touring pada 11 Agustus 2018, Sabtu kemarin. Peserta yang mengikuti sekitar 70 kendaraan Fortuner.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan mengurangi dampak kemacetan dikarenakan rangkaian yang sangat panjang, rombongan touring id42ner mendapat pengawalan petugas patwal," tulis Penanggung Jawab dan Ketua Acara ID42NER dalam grup Facebook pencinta Fortuner itu.



Menurutnya, rombongan Toyota Fortuner itu mengambil jalur melawan arus saat rangkaian dalam perjalanan menuju lokasi bakti sosial di Pondok Pesantren Salafiah Al Khairiyah di Cidohok, Banten. Tujuan komunitas itu cukup positif dengan melakukan bakti sosial berupa penyampaian bantuan pembangunan madrasah bagi anak yatim piatu binaan yayasan pondok pesantren, menyampaikan santunan kepada anak-anak yatim dan orang jompo di sekitar yayasan.

"Dikarenakan kondisi lalu lintas sedang dalam kemacetan parah sedangkan jadwal kegiatan id42ner padat dan di lokasi kegiatan baksos kehadiran rombongan sudah dinanti-nantikan, petugas patwal dan kepolisian setempat, sesuai dengan wewenangnya memberi diskresi dan mengarahkan rangkaian menggunakan jalur lawan arah yang saat itu tidak terlalu ramai agar semua jadwal dan rangkaian acara baksos bisa terlaksana dengan baik," kata pihak ID42NER.



Sebagai komunitas otomotif yang berkembang pesat, sambungnya, ID42NER selalu berkomitmen untuk tunduk dan taat pada hukum dan aturan lalu lintas yang berlaku. Disebutkannya, dalam perjalanan touring Anyer seluruh peserta telah mematuhi aturan lalu lintas dan mengikuti instruksi dan arahan dari petugas patwal dan kepolisian setempat .



"Dan kegiatan id42ner sudah mendapat izin dari pihak yang berwenang. Kami sangat mengapresiasi petugas patwal dan kepolisian setempat yang telah membantu rombongan sehingga rangkaian acara bakti sosial bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Namun kami sangat menyayangkan dan menyesali dampak rangkaian touring yang telah menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan lain, untuk itu dengan segala kerendahan hati kami memohon maaf kepada masyarakat pemakai jalan yang merasa terganggu kenyamanannya. Kejadian ini akan kami jadikan bahan evaluasi dan kami sangat berterima kasih untuk semua kritik masyarakat yang membangun, semuanya akan kami jadikan masukan agar di kemudian hari bisa mengatur kegiatan touring kami lebih baik lagi sehingga tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi sesama pemakai jalan lainnya," katanya.


Cek video hebohnya touring Fortuner yang lawan arah dan bikin macet

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com