Kamis, 05 Apr 2018 08:00 WIB

Komunitas Mobil Sejuta Umat Kian Menjamur di Indonesia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil-mobil yang tergabung dalam komunitas AXIC saat melakukan kopi darat di Lampung (Foto: AXIC) Mobil-mobil yang tergabung dalam komunitas AXIC saat melakukan kopi darat di Lampung (Foto: AXIC)
Jakarta - Komunitas mobil sejuta umat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia makin menjamur di Indonesia. Merayakan ulang tahun ke-14 pada 3 April lalu, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) memperbesar organisasinya dengan mengesahkan cabang-cabang baru. Total ada 17 cabang baru yang berhasil disahkan dalam rapat anggota istimewa (RAI) AXIC yang digelar di Malang, Jawa Timur, baru-baru ini.

Dengan 17 cabang baru itu, maka total AXIC memiliki 52 cabang di seluruh Indonesia, serta 12 chapter di Jabodetabek. Menariknya, ke-17 cabang baru itu sangat beragam, mulai dari barat hingga timur Indonesia ada.



Seperti cabang Raja Ampat, Sorong, dan Jayapura dari Pulau Papua. Kemudian cabang Sidrap dan Pinrang dari Pulau Sulawesi, sedangkan Batam dan Prabumulih di Pulau Sumatera yang mewakili wilayah barat Indonesia.

"Cabang-cabang baru lainnya tersebar, seperti Cianjur-Puncak, Blora, Kudus, Trenggalek, Jember, Tulungagung, Magelang-Kedu, dan Madura di Pulau Jawa. Ada juga dari Pulau Kalimantan, cabang Banjarmasin dan Samarinda," ujar Ketua Umum AXIC Chairul M Putra, Kamis (5/4/2018).

Menurut Putra, ke-17 cabang itu bukan cabang baru semuanya, sebab banyak cabang sebenarnya sudah eksis berkegiatan di AXIC, seperti cabang Jayapura, Magelang-Kedu, dan Batam. Kontribusi cabang--cabang baru sudah nyata, dalam berkegiatan meski belum sah statusnya sebagai cabang saat itu.



"Mereka memang cabang baru, tapi eksistensinya sebenarnya sudah lama di AXIC dengan melakukan berbagai kegiatan di wilayahnya masing--masing," ucapnya.

Pengesahan 17 cabang baru dalam rapat  anggota istimewa (RAI) AXIC yang digelar di Malang, Jawa Timur. Pengesahan 17 cabang baru dalam rapat anggota istimewa (RAI) AXIC yang digelar di Malang, Jawa Timur. Foto: AXIC


Saat ini jumlah anggota AXIC di seluruh Indonesia hampir mencapai 6.000 ID. Pada 3 April lalu, komunitas ini berulang tahun ke-14 sejak digagas di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Sementara perayaan syukuran HUT ke-14 komunitas ini digelar di kawasan Jakarta Timur, Selasa (3/4/2018). Acara ini dihadiri para pendiri, mantan ketua umum, dan para anggota dari chapter dan cabang. Selain di Jakarta, seremoni tiup lilin ini juga dilakukan secara serentak oleh cabang-cabang AXIC di seluruh Indonesia. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed