Kamis, 04 Des 2014 09:25 WIB

Hyundai Ajari Safe Drive Bagi Pengguna Mobilnya

- detikOto
Jakarta - Hyundai mengajari komunitas pengguna mobilnya cara mengemudi yang benar. Mulai dari aspek Safety Driving, sampai bagaimana caranya berkendara Defensive Driving.

Pelatihan Hyundai Indonesia Safe Drive Training 2014 diadakan di Pusat Pelatihan Multifungsi POLRI, Cikeas, Bogor pada akhir November lalu.

Dimulai pada pukul 08.00 WIB, Hyundai Indonesia Safe Drive Training melibatkan beberapa Community Hyundai diantaranya adalah AFCI (Avega Family Club), HACK (Hyundai Accent Community Kaskuser), Gravity (Grand Avega Community), TFC (Trajet Family Club), HiD (Hyundai i20 Driver), Antrac (Elantra Community dan KOI (Korea Otomotif Indonesia).

Dari internal PT Hyundai Mobil Indonesia sendiri diikuti oleh SMD (Service Marketing Division), STD (Service Technical & Warranty Division), PLD (Parts Logistic Division), ENG ( Engineering & Production) dan marketing.

Untuk pelatihan ini Hyundai menggaet Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) , yang merupakan pusat pelatihan khusus untuk service product mengenai keamanan dan pertahanan selama berkendara.

Setelah mengikuti sesi teori para peserta diarahkan langsung untuk praktik di lapangan, dimana para instruktur mendemonstrasikan cara menyetir dan mengerem dengan berbagai tehnik, baik itu menggunakan teknologi non ABS maupun ABS, termasuk juga cara mengerem dalam kondisi jalanan kering maupun basah.

Hyundai menyiapkan beberapa varian dari line up Hyundai di Indonesia dari mulai city car yang diwakili Grand i10 AT dan Grand Avega MT, SUV diwakili New Tucson dan Santa Fe, dan yang terakhir adalah H-1.

Setiap peserta melakukan praktik yang langsung diawasi oleh instruktur professional dan diberi penilaian saat itu juga, sehingga setiap peserta dapat melakukan perbaikan secara langsung.

Pada akhir sesi, dilakukan Games “Time Attack” oleh perwakilan komunitas dan internal HMI dimana setiap peserta diharuskan melewati berbagai rintangan dengan mempraktikkan cara-cara yang sudah dipelajari dengan benar dan waktu yang cepat.

Saat praktik di lapangan komunitas diajarkan bagaimana menghindari tabrakan, tindakan apa yang harus dilakukan sesaat sebelum terjadi impact, melatih refleks pengendara, bagaimana melakukan pengereman yang baik saat menghindari kecelakaan, dan yang paling menarik adalah bagaimana kita berkendara saat melewati genangan air atau bahkan saat hujan.

"Ternyata yang selama ini dilakukan oleh kami dan sebagian besar pengendara salah, ingat genangan air bisa sangat berbahaya bahkan di kecepatan 40 km per jam mobil bisa melintir karena rem mendadak saat permukaan basah atau tergenang, dari sini kami sadar berkendara enggak segampang dan sesederhana yang dibayangkan, bahkan sangat-sangat berbahaya bila kita lalai sedikit saja," papar Eko Tri Hatmono dari HACK.

"Saya merasa dengan kesempatan yang luar biasa yang diberikan oleh Hyundai untuk mengikuti “Safe Drive Training”, menjadi seperti tamparan yang keras yang menyadarkan saya untuk berkendara dengan aman, hati-hati, dan peka terhadap lingkungan saat berkendara, terima kasih," tutupnya.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com