Seputar Setting Pengapian Mobil Tanpa ECU

- detikOto
Rabu, 05 Jan 2011 14:21 WIB
Jakarta - Selamat siang Pak Jasin, saya masih bingung mengenai istilah seting pengapian dimundurkan/dimajukan terhadap TMA. Pertanyaan saya, jika pengapian dimundurkan/ditunda, maka angka derajatnya akan menjadi semakin kecil angkanya mendekati 0 (TMA) atau sebaliknya?

Katanya kendaraan yang tadinya memakai Premium dan akan ganti menjadi Pertamax, setting pengapian harus diset ulang untuk mobil yang belum memakai ECU. Atas petunjuknya saya ucapkan banyak terima kasih.

Imam

Jawaban:

Timing pengapian adalah saat terjadinya ledakan api di busi yaitu beberapa derajat sebelum tercapainya TMA.

Untuk mesin-mesin yang masih mempergunakan distributor, timing pengapian ini dapat dimajumundurkan secara manual. 

Bagi mobil-mobil yang seharusnya mengkonsumsi Pertamax apabila diisi Premium, biasanya oleh mekanik dilakukan penyetelan ulang dengan cara dimundurkan (angka derajat menjadi lebih kecil) agar tidak terjadi ngelitik dengan konsekuensi menjadi kurang bertenaga dan kemungkinan menjadi lebih boros.

Sedangkan mesin-mesin modern yang tidak lagi mempergunakan distributor, timing pengapian diatur oleh ECU.

Dengan dilakukannya Tune Up Semisport(R) di Provis, timing pengapian ini dapat dimajukan 2 - 3 derajat mengingat adanya peningkatan efisiensi pembakaran.

Untuk mobil Nissan timing pengapian dimajukan secara manual mempergunakan engine scanner/resetter, mobil-mobil merk lain ada juga yang dapat dimajukan dengan metode 'self learning' juga mempergunakan engine scanner/resetter.

Ini membuktikan bahwa hasil TUSS meningkatkan efisiensi pembakaran sehingga terdeteksi oleh ECU.
(ddn/ddn)