ADVERTISEMENT

Diduga Dihasut Oknum Catut Kemenperin, Ada APM Batal Ikuti IIMS 2022

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 17 Jan 2022 08:25 WIB
IIMS Hybrid 2021 resmi dibuka Jokowi hari ini. Jadi pameran otomotif pertama yang digelar saat pandemi, berbagai motor dan mobil dipamerkan dalam acara ini.
Pameran IIMS. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Muncul kabar kurang sedap jelang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Setidaknya ada tiga Agen Pemegang Merek (APM) yang batal ikut pameran tersebut karena adanya hasutan dengan membawa instansi Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Hendra Noor Saleh selaku Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo menyesalkan adanya pihak yang mencatut nama Kemenperin. Seperti diketahui, IIMS bakal digelar pada 17 - 27 Februari 2022, pria yang akrab disapa Kohen ini melanjutkan, padahal dalam sebuah pameran serupa tidak bisa digelar dalam kurun waktu satu bulan. Jadwal event paling dekat ialah Jakarta Auto Week yang dihelat pada 5 - 13 Maret 2022.

"Jadwal IIMS 17-27 Februari 2022 sudah diumumkan sejak April 2021. Setahu saya ada peraturan asosiasi pameran, tidak dibolehkan sebulan sesudah dan sebelum event serupa. Demi menjaga agar iklim pameran tidak saling mematikan. Apalagi di tengah pandemi begini," sebut Kohen kepada wartawan saat Media Gathering IIMS, di Tribrata, Jakarta.

Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM), kabarnya mendapat hasutan agar tidak ikut IIMS 2022. Diduga ada oknum mencatut nama Kemenperin dengan bergerilya ke APM.

"Tidak mungkin Kemenperin berpihak soal-soal teknis, seperti pameran. Semua ekosistem perindustrian, termasuk usaha pameran, adalah anak asuh Kemenperin. Dukungan Pak Agus Gumiwang (Menteri Perindustrian) tidak usah diragukan terhadap IIMS. Total banget. Sehingga, jika memang benar berita itu, pasti ulah oknum yang mencatut nama kementerian. Saya sudah cek ke Kemenperin, tidak benar ada arahan seperti itu. Wong, Pak Agus hadir di Istana Negara saat pembukaan IIMS 2021 dan lanjut inspeksi ke Jiexpo," tanggap Kohen dengan santai.

Kohen membenarkan bahwa terdapat sejumlah APM yang membatalkan atau pikir-pikir ikut IIMS. Salah satunya yang sudah terkonfirmasi ikut pameran IIMS 2022, namun kemudian batal alias mundur, karena selain event yang berdekatan juga khawatir mendapatkan masalah.

"Alasan mereka, siapa yang mau berhadapan dengan Kemenperin. Bisa repot? Sehingga yang paling berkepentingan meluruskan pencatutan ini, ya pihak kementerian dong," tambah dia.

"Pandemik sudah menyusahkan kita semua. Industri dan ekosistem sudah begitu kompak, khususnya 2 tahun terakhir masa pandemik. Alam sudah mengajarkan kita untuk bersatu, respek dan sinergi adalah keharusan. Tidak ada jagoan tunggal. Masak suasana kondusif yang sudah tercipta harus dirusak oleh segelintir orang? Nah, oknum ini yang harus dicari dan tidak diberi ruang untuk menyebar hoax dan mencatut institusi negara seenaknya," ungkap dia.

Sementara itu, Dyandra Promosindo yakin IIMS 2022 bisa mencapai target lebih baik dari tahun sebelumnya. Rudi MF, Project Manager IIMS 2022 menyatakan peserta tahun ini lebih banyak dari perheletan sebelumnya. Maka dari itu pihaknya meyakini nilai transaksi bisa lebih besar dari IIMS Hybrid 2021.

"Tahun 2022 line up lebih banyak kami targetkan Rp 3 triliun jumlah transaksi keseluruhan 6 ribu unit. Pada saat normal kondisi itu Rp 4,2 triliun transaksinya. Itu memang cukup bisa dikatakan peak-nya," kata Rudy saat media gathering di Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2022).

"2020 kita tidak ada pameran. 2021 dengan hybrid syukurnya masih tercipta Rp 2,2 triliun transaksi atau 4 ribu sekian ratus mobil/motor terjual," tambah dia.

"Tahun 2022 dengan melihat line up brand lebih banyak, roda dua lebih banyak. Kami targetkan jumlah transaksi angkanya Rp 3 triliun. Untuk jumlah transaksi sepeda motor dan mobil 6.000 unit," jelas Rudy.

Adapun brand mobil yang turut memeriahkan IIMS antara lain BMW, Hyundai, Chery sebagai brand pendatang baru, Honda, MG, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling. Lalu dari importir umum, Prestige Motorcars akan menghadirkan taksi terbang listrik Ehang dan mobil listrik Tesla.

Sementara untuk sepeda motor bakal diramaikan Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Kawasaki, Vespa dan Yamaha. Selain itu lini kendaraan roda dua akan diramaikan oleh brand listrik lokal Gesits dan Volta.

IIMS menggandeng Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan deretan merek aksesoris lainnya, dengan harapan industri pendukung akan mendapatkan momentum peningkatan sales pada awal tahun.

Pada aksesoris dari asosiasi PAHAMI brand yang ikut serta yaitu AR Evolution, Arvia, Asuka, Black Rhino, Blackvue, DNY, Dorfree, Ferrox, Hurricane, JSL, Motherpolis, MS, Prime, Savini, Nine, SS, Tein, THS, Venom, Wizzard Fire, Work Wheels, Zen Wheels. Tak hanya itu, deretan brand Aftermarket juga sudah dipastikan hadir pada IIMS 2022, di antaranya American Tool, American Secure, Auto Models, Autovision, Bay Fresh, Baze, Bowin, Deride, Glade, Grex, KIT Grand Prix, Komine, Maxpower, Maxpro, Nolan, Servvo, Shoei, Solargard, V-Kool Indonesia, Vrossi, X-lite, Yuasa Battery.

Berbagai kolaborasi akan hadir di IIMS 2022, dan dukungan pun berdatangan dari asosiasi otomotif untuk hadir seperti IIMS Community Experience, IIMS Formula Racing Electric Student Championship, IIMS Special Guest Experience, IIMS Test Drive & Ride Indonesian Automodified (IAM), Indonesian Custom E - Moto Expo & Championship, Indonesia Off-road Federation (IOF), Miss IIMS, PAHAMI Audio Contest, Parade & Talkshow Pembalap 3 Generasi, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O) serta Riding with Love. Ajang ini kian semarak dengan hadirnya berbagai program baru seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Road to MotoGP Indonesia.



Simak Video "IIMS 2022 Ajak Difabel Rasakan Eksperimen Pameran Mobil Secara Langsung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT