Pameran Otomotif Pertama di Tengah Pandemi, Begini Prokes Berlapis di IIMS Hybrid 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 23 Apr 2021 20:51 WIB
Para gadis cantik di pameran otomotif kerap curi perhatian pengunjung. Meski kenakan masker dan face shield, kehadiran para gadis cantik ini tetap dinanti.
IIMS Hybrid 2021 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 jadi pameran otomotif pertama saat Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Acara berlangsung sedari 15 April hingga 25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dua hari lagi pameran otomotif tersebut selesai dihelat. Sepanjang detikcom mengunjungi JIEXpo Kemayoran, Jakarta, IIMS Hybrid 2021 dijalankan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan penuh disiplin.

Ada hal yang hilang dari pameran otomotif, dari biasanya ramai, jalur keluar-masuk booth peserta yang bebas, tak ditemukan lagi dalam IIMS Hybrid 2021. Senyum ayu sales promotion girl (SPG) kini pun tertutup masker.

IIMS Hybrid 2021 menunjukkan era baru dunia pameran otomotif, proses screening dimulai sejak memasuki JIExpo. Pengunjung langsung dicek temperatur suhunya, serta mewajibkan menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak antrean di pintu masuk.

Para gadis cantik di pameran otomotif kerap curi perhatian pengunjung. Meski kenakan masker dan face shield, kehadiran para gadis cantik ini tetap dinanti.Para gadis cantik di pameran otomotif kerap curi perhatian pengunjung. Meski kenakan masker dan face shield, kehadiran para gadis cantik ini tetap dinanti. Foto: Grandyos Zafna

Lalu lalang pengunjung yang melihat-lihat pun di atur menjadi dua arah. Saat masuk ke dalam booth, ada satgas Covid yang menjaga supaya tempat tidak terlalu ramai. Hand sanitizer dan pengecekan suhu berlapis di sini sudah dilakukan, mulai dari pintu masuk JIEXpo, masuk ke dalam area hall, dan masuk ke dalam booth.

Jumlah pengunjung yang berada dalam area booth diatur dan dibatasi untuk menghindari terjadinya kerumunan pengunjung. Begitu juga dengan wartawan yang meliput dibatasi ketika datang ke acara di boot Agen Pemegang Merek (APM).

Protokol kesehatan di IIMS 2021Protokol kesehatan di IIMS 2021 Foto: IIMS Hybrid 2021

Penerapan protokol kesehatan tidak hanya dilakukan di area pameran APM dan Aftermarket saja. Namun protokol kesehatan area food court dan food truck yang ada di IIMS Hybrid 2021, seperti pengaturan dan pembatasan tempat duduk. Selain itu, satgas Covid-19 bersiaga di area untuk mengantisipasi antrian.

Pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas tempat

Penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021 menerapkan pembatasan usia yang diperbolehkan masuk di area pameran yakni berusia 13 - 59 tahun dengan kapasitas 25% pengunjung agar dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19.

IIMS Hybrid 2021 merupakan pameran otomotif pertama yang digelar di masa pandemi. Guna cegah Corona, satgas COVID-19 dikerahkan untuk patroli selama acara.IIMS Hybrid 2021 merupakan pameran otomotif pertama yang digelar di masa pandemi. Guna cegah Corona, satgas COVID-19 dikerahkan untuk patroli selama acara. Foto: Grandyos Zafna

"Aturan yang dibolehkan saat ini adalah 25 persen dari kapasitas normal. Misalnya di satu waktu seluruh JIExpo ini hall yang dibuka mungkin adalah 20.000 (pengunjung). Tiket yang dijual maksimum 5.000 (per hari)," jelas Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS Hybrid 2021 beberapa waktu yang lalu.

Ajang IIMS Hybrid 2021 dimanfaatkan BMW Group Indonesia untuk menyuguhkan pengalaman tanpa batas lewat BMW Pavilion.Booth di area IIMS Hybrid 2021 Foto: Grandyos Zafna

Pun setiap hall dibatasi pengunjungnya. Nantinya ada semacam alat untuk menghitung jumlah pengunjung yang mampir di dalam booth. Jika sudah maksimal, pengunjung akan dimasukkan ke dalam holding room.

"Begitu ada pembeli yang ke 5.001, lock ke hari berikutnya. Tapi di setiap hall ada kapasitasnya, misalnya di D2, ada Honda-Toyota, di ruangan tersebut maksimum 2.000 orang," tambah dia.

Di dalam booth juga demikian, orang-orang yang lalu lalang juga diatur agar tidak saling bertabrakan hanya satu arah lalu-lalang.

PT Astra Honda Motor (AHM) juga tidak mau kalah menampilkan deretan motor teranyar di IIMS Hybrid 2021. Penasaran?booth peserta IIMS 2021 Foto: Grandyos Zafna

"Masuk ke Toyota, tidak bisa masuk semuanya, di dalam Toyota misalnya 1.000 meter, maksimum 500 orang, ada in dan out, tidak bisa orang sembarangan," kata Kohen.

Kohen juga menambahkan, selain penerapan protokol berlapis itu juga dibarengi dengan penjualan tiket secara online yang sudah terkoneksi dengan sistem Gugus Tugas COVID-19 dan pihak kepolisian.

Berbagai fasilitas protokol kesehatan tersebar di beberapa area IIMS Hybrid 2021 seperti di area Hall C3 tersedia test Genose dan Swab oleh Sehat 365 di GPN, Hall C3, dan Drive Thru. Selain itu terdapat Stellar di Hall C3 & D2, Bumame dan Medithru di D2 pada area IIMS Hybrid 2021.

Protokol kesehatan di IIMS 2021Protokol kesehatan di IIMS 2021 Foto: IIMS Hybrid 2021

Pengunjung tidak wajib antigen

Bagi pengunjung IIMS Hybrid 2021 memang tidak diwajibkan membawa keterangan swab dan PCR. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker hingga menjaga jarak.

"Pelaku pameran wajib antigen. Tapi pengunjung, menurut protokol kesehatan hanya declare dalam keadaan sehat dan tidak ada interaksi," ujar Kohen.

Menparekraf menyebutkan bahwa pelaksanaan IIMS Hybrid 2021 ini merupakan event offline skala terbesar pertama yang diadakan ditengah pandemi dan dinilai cukup berhasil dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan berbasis pada CHSE. Menurutnya, penyelenggaraan IIMS Hybrid merupakan langkah strategis meningkatkan pariwisata Indonesia dengan mengkolaborasikan dunia otomotif secara menyeluruh serta menjadi awal dimulainya era pariwisata baru di Indonesia.

"Bapak presiden memberikan arahan agar ini bisa menjadi pembuka bagi event-event lain berskala internasional, nasional, regional maupun juga berskala lokal," ungkap Sandiaga Uno pada Minggu (18/4/2021).

"Ini harapan kita agar event-event dapat terselenggara dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," jelasnya.

Berharap bisa menstimulus industri otomotif

Meski tak seperti biasanya, pameran ini jadi tempat kelahiran produk motor dan mobil baru. Misalnya perilisan Italjet Dragster, Royal Alloy, NIU, hingga Benelli Dong, sedangkan roda empat mulai DFSK E Gelora, MG ZS EV, BMW Seri 8 Golden Thunder, dan MINI Countryman generasi anyar. Kebetulan pameran ini juga berlangsung di tengah relaksasi Penjualan atas barang mewah (PPnBM).

"Ini semua kami lakukan dengan harapan tidak ingin mencederai kepercayaan yang telah kami terima dan membantu meningkatkan gelora industri otomotif ditengah pandemi." ujar Kohen.



Simak Video "Kenalkan si 'Bledhex', Komodo Listrik Buatan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)