Jokowi Buka IIMS 2021: Sebut-sebut MotoGP dan Formula E di Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 15 Apr 2021 14:50 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Jokowi menilai penyelenggaraan pameran ini membuat reputasi Indonesia di dunia otomotif meningkat.

Pameran berskala internasional ini menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa menggelar event otomotif. Apalagi, tahun depan rencananya Indonesia akan menggelar MotoGP di Mandalika dan Formula E di Jakarta.

"Melalui penyelenggaraan pameran ini reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan dan sekaligus menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional, termasuk kesiapan kita untuk menggelar MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta dan event-event internasional lainnya," kata Jokowi dalam sambutannya saat membuka IIMS Hybrid 2021 dari Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Indonesia memang direncanakan menggelar acara otomotif internasional. MotoGP Indonesia yang awalnya direncanakan digelar tahun ini akan bisa dihelat di Sirkuit Mandalika kemungkinan pada Maret 2022.

Meski gagal jadi tuan rumah MotoGP tahun ini, Indonesia masih diberi peluang untuk menggelar sesi latihan resmi. Itu diperkirakan akan bisa dilakukan menjelang akhir 2021.

Tak cuma itu, Formula E juga bakal digelar di Jakarta. Gelaran Formula E ditunda sampai tahun 2022.

Kabar mengenai kemungkinan penyelenggaraan Formula E Jakarta pada 2022 datang dari Ketua Umum IMI (Ikatan Motor Indonesia) Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Kita akan menjalin kerja sama dengan Pemda DKI untuk mewujudkan Formula E yang sempat tertunda karena Covid. Bukan tahun ini, tapi tahun depan," kata Bamsoet, saat berbincang dengan detikOto, di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta (10/2).

"Tahun ini nggak mungkin (Formula E Jakarta dilaksanakan) karena kita banyak punya agenda nasional, PON dan Mandalika. Sehingga pembicaraan saya dengan Menteri BUMN maupun Menteri Pariwisata, kemungkinan (Formula E Jakarta) bisa diwujudkan tahun depan," sambung pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI itu.

(rgr/din)