Buka IIMS 2021, Jokowi Ingin Industri Otomotif Bangkit, Serap Tenaga Kerja

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 15 Apr 2021 12:24 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang diselenggarakan offline dan online. Dalam pidatonya, Jokowi berharap agar industri otomotif segera bangkit.

"Saya ingin industri otomotif Indonesia segera bangkit setelah diterpa pandemi COVID-19. Keinginan saya juga segera mempekerjakan lebih banyak lagi tenaga kerja dan juga ikut menggerakkan industri UMKM (Usaha mikro kecil menengah) dan segera bisa menaikkan ekspor kita ke negara-negara lain, ke pasar global," kata Jokowi dalam sambutannya saat membuka IIMS Hybrid 2021 dari Istana, Kamis (15/4/2021).

Namun, Jokowi mewanti-wanti kondisi saat ini yang masih dilanda pandemi COVID-19. Jokowi menegaskan agar kita harus tetap waspada terhadap pandemi COVID-19. Di sisi lain, Indonesia tak boleh berhenti dalam menggerakkan ekonomi.

"Tetap dengan kewaspadaan, tetap dengan kehati-hatian. Gas dan rem yang selalu saya sampaikan dalam penanganan kesehatan dan penanganan ekonomi harus kita jaga dan kita lakukan agar kesehatan aman, ekonomi bisa bergerak maju," ucapnya.

IIMSSuasana IIMS sebelum pandemi. Foto: Dyandra

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia yang harus segera diakselerasi. Soalnya, di dalam industri otomotif sendiri banyak keterlibatan pelaku usaha di dalam negeri dari hulu sampai hilir yang menurut Jokowi perlu ditingkatkan.

"Keterlibatan industri UMKM dalam rantai pasok juga harus terus ditingkatkan. Dan nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri juga harus menjadi prioritas," sebutnya.

"Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Goal-nya adalah di sini," sambung Jokowi.

Sementara itu, pameran IIMS 2021 bisa dinikmati secara langsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta maupun secara virtual di website resmi IIMS. Pameran ini berlangsung mulai hari ini, Kamis (15/4/2021) sampai 25 April 2021. Akan ada beragam merek mobil dan motor yang memeriahkan IIMS Hybrid 2021, termasuk merek aftermarket.

(rgr/din)