IIMS Hybrid 2021 Digelar Saat Industri Otomotif Merana, Target Transaksi Rp 4T

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 14 Apr 2021 07:09 WIB
IIMS Hybrid 2021
Persiapan IIMS Hybrid 2021 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) bakal digelar secara hybrid, bisa ditonton online ataupun offline dengan berkunjung ke JIEXpo, Kemayoran, Jakarta pada 15-25 April 2021. Ditargetkan, selama 11 hari berlangsung IIMS Hybrid bisa mencapai transaksi Rp 4 triliun.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh mengatakan industri otomotif saat ini belum pulih dari pandemi Covid-19.

"Setelah menjalani proses negosiasi, industri otomotif ini lebih suffer dari yang kita perkirakan," buka pria yang akrab disapa Kohen saat berbincang bersama awak media di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (14/4/2021).

Kohen mengatakan dari 150 event yang diajukan sepanjang April 2021. Hanya IIMS Hybrid yang mendapat izin penyelenggaraan. Menurutnya ini menjadi angin segar, pembuka jalan bagi industri kreatif.

"Menurut saya di era pandemi ini pasti ada yang pertama. Kebetulan secara ketentuannya itu kita, ya jangan lari, kita berusaha," ungkap Kohen.

"Sebetulnya industri (otomotif) kita belum siap, artinya secara bisnis ini tidak menarik, tapi ditakdirkan duluan jalan masa kita mundur," ungkap Kohen.

Ia menjelaskan tidak semua lima besar pabrikan otomotif turut serta mengikuti pameran tersebut. Bahkan ada beberapa merek besar batal bergabung di menit-menit akhir.

"Dasarnya bukan tidak percaya, tapi karena realy-realy suffer. Perhelatan ini menjadi pembuka jalan bagi industri otomotif untuk penyelenggaraan serupa ke depannya," ungkap Kohen.

Meski tak semua agen pemegang merek (APM) ikut menjadi peserta IIMS 2021. Angka Rp 4 triliun masih masuk akal sebagai target. Apa alasannya?

"4 triliun adalah angka kurang dari setengahnya dari kondisi IIMS terakhir. Kedua, namanya pameran butuh angka yang menarik hati. Sebetulnya bukan Rp 4 triliun yang beredar di sini, tapi dari nilai transaksi mobilnya. Misalnya harga mobil Rp 1 miliar, DP 50 juta, yang dihitung Rp 1 miliar," kata Kohen.

"Average misalnya Rp 500 juta mobil satu unit, untuk mencapai ke 4 triliun, kira-kira berapa tuh, itu angka yang achieveable."

"Momen lebaran, PPnBM nih sekarang sudah mengerek di mobil 2.500 cc, pasar itu lumayan besar, ditambah kondisi bahwa para pemain yang memetik keuntungan di PPnBM hampir semuanya hadir," jelas dia.

Beberapa APM kendaraan roda empat akan hadir pada IIMS Hybrid 2021 yakni BMW, DFSK, Honda, MG, Mini, Mitsubishi, Prestige, Renault, Toyota, Wuling dan Brand X yang belum diungkapkan. Tak cuma mobil, ada juga brand kendaraan roda dua sebanyak 9 merek yaitu Astra Honda Motor, Benelli, Italjet, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, KTM, Husqvarna, Velocifero. Ditambah puluhan brand Aftermarket selama sebelas hari gelaran IIMS Hybrid 2021 nanti.

Digelar di JIEXpo, Kemayoran, IIMS Hybrid 2021 bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dyandra Promosindo menyediakan fasilitas test PCR/test Swab Antigen di lokasi IIMS Hybrid 2021, JIExpo Kemayoran. Pengunjung yang hadir di masing-masing booth maupun Hall JIExpo Kemayoran akan dibatasi serta terdapat aturan yang ketat bagi pengunjung.

Untuk masuk ke IIMS Hybrid 2021 di JIExpo, Kemayoran, pengunjung harus membeli tiket dengan harga yang sama dengan IIMS sebelumnya. Tiket IIMS tahun ini tetap Rp 50 ribu di hari kerja dan Rp 70 ribu di akhir pekan.



Simak Video "Kenalkan si 'Bledhex', Komodo Listrik Buatan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)