Presiden Jokowi hingga Duo Menteri Bakal Buka IIMS Hybrid 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 14 Apr 2021 15:09 WIB
IIMS Hybrid 2021
Persiapan IIMS Hybrid 2021 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 yang digelar secara hybrid bakal dibuka besok 15 April 2021. Sejumlah pejabat Indonesia siap membuka perhelatan otomotif pertama secara offline sejak Covid-19 melanda atau setahun yang lalu.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS Hybrid 2021 mengatakan dua menteri kabinet indonesia maju dipastikan hadir.

"Yang sudah menyatakan hadir, pertama Sandiaga Uno (Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan juga Menteri Perindustrian (Agus Gumiwang Kartasasmita)," ungkap pria yang akrab disapa Kohen, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (13/04) malam.

Indonesia International Motor Show (IIMS) akan digelar secara hybrid, online maupun offline yang berlokasi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Kohen menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan hadir dan membuka IIMS Hybrid ini. Namun, statusnya masih menunggu konfirmasi dari pihak Istana.

"Peluangnya tidak pasti (kehadiran presiden), tapi membesar. Sekarang sudah naik presentasinya (kemungkinan presiden hadir di IIMS 2021)," kata Kohen.

Pihaknya pun menyiapkan beberapa skenario andai Presiden Jokowi benar-benar hadir di IIMS 2021. Sebab, ini jadi pameran otomotif hybrid yang menggabungkan konsep offline dan online dengan standar ketat protokol kesehatan pertama di Indonesia.

"Presiden pun ada tiga kemungkinan, satu datang langsung, kedua taping, ketiga opening dari Istana," kata Kohen.

IIMS 2021 mendapat izin penyelenggaraan pameran dengan mengaplikasikan protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, dan Environment(CHSE) pada tanggal 15 - 25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta dan virtual melalui platform indonesianmotorshow.com.

Pengunjung IIMS Hybrid 2021 dapat berkunjung pada hari Senin sampai Kamis (weekdays) dari jam 12.00 - 21.00 WIB sedangkan Jumat sampai Minggu (weekend) dari jam 11.00 - 21.00 WIB. Pengunjung yang diperbolehkan masuk di area pameran yakni berusia 13 - 59 tahun.

Pun jumlah pengunjung yang masuk ke dalam hall terbatas. Tidak leluasa karena ada pembatasan jumlah kapasitas saat masuk ke dalam booth.

"Aturan yang dibolehkan saat ini adalah 25 persen dari kapasitas normal. Misalnya di satu waktu seluruh JIExpo ini hall yang dibuka mungkin adalah 20.000 (pengunjung). Tiket yang dijual maksimum 5.000 (per hari)," jelas Kohen.

"Begitu ada pembeli yang ke 5.001, lock ke hari berikutnya. Tapi di setiap hall ada kapasitasnya, misalnya di D2, ada Honda-Toyota, di ruangan tersebut maksimum 2.000 orang," tambah dia.

Di dalam booth juga demikian, orang-orang yang lalu lalang juga diatur agar tidak saling bertabrakan hanya satu arah lalu-lalang.

"Masuk ke Toyota, tidak bisa masuk semuanya, di dalam Toyota misalnya 1.000 meter, maksimum 500 orang, ada in dan out, tidak bisa orang sembarangan," kata Kohen.

Adapun merek otomotif yang ikut ada kendaraan roda empat, roda dua, dan aftermarket. Dari kendaraan roda empat, yang akan hadir adalah BMW, DFSK, Honda, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Prestige Motorcars, Renault, Toyota, dan Wuling. Untuk roda dua, mulai dari Benelli, Honda, Italjet, Kawasaki, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield, Vespa, KTM, Husqvarna dan Velocifero. Juga ada beberapa merek aksesori kendaraan roda dua dan roda empat.



Simak Video "Jangan Salah! Vespa Jadul Ini Sudah Bertenaga Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)