Masih Pandemi, Pameran GIIAS Bisa Dinikmati Lewat Aplikasi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 27 Jan 2021 15:54 WIB
Suasana Booth Toyota di GIIAS 2017
Pameran otomotif GIIAS bisa dinikmati lewat aplikasi. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang mengharuskan kerumunan orang dibatasi membuat pameran otomotif mundur bahkan batal. Namun, penyelenggara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) mencari cara agar pameran tetap bisa berlangsung dengan aman.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencetuskan inovasi terbaru yang ditujukan untuk industri otomotif Indonesia. Bersama Seven Event, Gaikindo mengembangkan aplikasi digital sebagai alternatif pameran otomotif.

Aplikasi bernama GIIAS Auto360 itu memungkinkan masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses, menjual, hingga membeli berbagai kebutuhan otomotif dengan mudah, aman, dan nyaman.

Ketua umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengatakan bahwa GIIAS Auto360 diharapkan akan memberikan solusi baru bagi seluruh industri otomotif. "Dengan dibangunnya aplikasi digital khusus untuk industri otomotif Indonesia diharapkan akan menjadi kendaraan baru bagi pemain industri untuk menggapai konsumen, dan tentu diharapkan akan memberikan yang terbaru dari industri otomotif untuk masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (27/1/2021).

Aplikasi ini menggabungkan tiga segmen utama yakni fitur pameran otomotif digital, marketplace dan news industry update. Aplikasi tersebut akan menjadi ajang bertemunya merek otomotif dengan para pelanggan otomotif secara digital, serta dapat dijangkau kapan saja dan di mana saja.

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo menambahkan, GIIAS Auto360 hadir sebagai upaya beradaptasi pada kondisi terkini, serta mengantisipasi kebutuhan peserta pameran GIIAS yang semakin berkembang.

GIIAS Auto360, Aplikasi Pameran OtomotifGIIAS Auto360, Aplikasi Pameran Otomotif Foto: Dok. Seven Event

"Sebagai upaya bangkit, Gaikindo memperkenalkan inovasi terbaru, yakni sebuah aplikasi digital yang dapat memberikan solusi optimal dalam memenuhi semua kebutuhan produk dan jasa otomotif masyarakat Indonesia," sebut Rizwan.

Menurut Rizwan, GIIAS Auto360 akan hadir dan dapat diakses publik pada Juli 2021. Aplikasi ini akan membawa pameran otomotif hadir langsung dalam genggaman masyarakat.

Disebutkan, GIIAS Auto360 adalah perpanjangan pameran otomotif GIIAS, sehingga aplikasi otomotif digital ini juga akan menghadirkan kelengkapan produk dan kemeriahan yang ditampilkan selama pameran berlangsung.

"Menggandeng merek-merek otomotif resmi yang juga hadir pada pameran GIIAS, menjadikan GIIAS Auto360 aplikasi penjualan otomotif yang aman dan terpercaya," tutur Agus Riyadi, Project Director Seven Event, yang ditunjuk GAIKINDO sebagai pelaksana dalam penyelenggaraan pameran dan aplikasi digital GIIAS Auto360.

Menurutnya, saat ini aplikasi GIIAS Auto360 dalam proses persiapan untuk para merchant, "Dan terbuka bagi perusahaan otomotif yang ingin bergabung untuk membuka peluang baru. Agar maksimal, aplikasi GIIAS Auto360 juga masih dalam proses penyempurnaan untuk memenuhi semua kebutuhan otomotif publik pada satu bulan menjelang pelaksanaan GIIAS 2021," papar Agus.

Selain mobil, GIIAS Auto360 juga akan menawarkan berbagai variasi bus dan truk, variasi motor, serta aftermarket mulai dari aksesoris mobil dan aksesoris motor sampai hampir seluruh kebutuhan produk dan jasa otomotif.

GIIAS Auto360 juga memiliki fitur untuk memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai macam info mengenai pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gaikindo. Hanya dengan mengunduh aplikasi atau membuka website, masyarakat dapat cari tahu tentang update dan fasilitas pameran. Pembelian tiket pameran, pendaftaran test drive dan test ride, mengikuti talkshow, seminar dan acara lainnya juga bisa dilakukan dalam aplikasi ini.



Simak Video "Alasan Gaikindo Minta Diskon PPnBM ke Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)