Kamis, 24 Okt 2019 10:18 WIB

Laporan dari Tokyo

Kolaborasi Mobil Listrik dan Rumah Hemat Energi ala Mitsubishi

Doni Wahyudi - detikOto
Foto: Doni Wahyudi/detikcom
Tokyo - Mitsubishi Motors Corporation mengembangkan sebuah ekosistem energi yang bukan cuma memberi tenaga pada kendaraan. Tapi juga menghidupi rumah dan irit energi.

Dendo Drive House pada dasarnya merupakan sebuah ekosistem energi yang menbuat pemiliknya untuk menghasilkan, lalu menyimpannya secara otomatis di mobil (listrik) dan di rumah. Listrik yang disimpan itu kemudian dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.


Ini merupakan upaya Mitsubishi menambah value yang ditawarkan pada pelanggan yang membeli mobil listrik besutan mereka.

Secara garis besar, Dendo Drive House terdiri dari tiga sistem utama. Yang pertama adalah panel tenaga surya, baterai penyimpan untuk disalurkan ke seluruh rumah, dan mobil Mitsubishi berteknologi EV atau PHEV.

Foto: Doni Wahyudi/detikcom


Ditawarkan satu paket dengan pembelian mobil listrik, Dendo Drive House membuat pemiliknya bisa mengisi daya mobil menggunakan panel tenaga surya. Jika terjadi bencana yang menyebabkan listrik padam, mobil listrik Mitsubishi berteknologi EV atau PHEV bisa gantian bertindak sebagai sumber energi. Mobilnya menjadi baterai yang menerangi rumah dan menjadi tenaga buat beragam peralatan rumah tangga.

"Sistem Dendo Drive House ini tidak kami jual. Tapi kami sewakan ke pelanggan yang berminat. Biayanya 8.000 yen per bulan. Itu sudah termasuk pemeliharaan dari tim kami," kata Tadahiro Togami, Manager of EV Solution Dept, Mitsubishi Motors, saat ditemui detikcom dan belasan wartawan dari Indonesia di Tokyo.


Dendo Drive House diklaim mampu menghemat pengeluaran untuk penggunaan listrik antara 10-15%. Salah satu show room Mistsubishi yang sudah mengaplikasikan Dendo Drive House adalah MI-Garden Ginza.

Saat ini sudah ada 65 show room Mitsubishi di seluruh Jepang yang mengaplikasikan Dendo Drive House ini. Pada tahun 2021 jumlahnya ditargetkan meningkat ke angka 200 buah.

Simak Video "Penampakan Truk Listrik Mitsubishi di GIICOMVEC 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(din/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com