Selasa, 22 Okt 2019 20:31 WIB

Laporan dari Tokyo

Mobil Listrik Imut Toyota, 2 Penumpang Cocok Buat Emak-emak

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ultra Compact BEV (Battery Electric Vehicle) Foto: dok. Istimewa Ultra Compact BEV (Battery Electric Vehicle) Foto: dok. Istimewa
Tokyo - Toyota mulai 'beringas' meluncurkan mobil-mobil listrik murni. Toyota memperkenalkan mobil listrik imut yang hanya memiliki 2 tempat duduk saja. Mobil itu saat ini baru diberi nama Ultra Compact BEV (Battery Electric Vehicle).



Toyota berencana akan menjual mobil ini pada musim dingin tahun depan. Mobil disebut Toyota cocok untuk mobilitas harian, misalnya untuk shopping atau berbelanja, cocok buat emak-emak kan? Selain itu mobil juga diklaim cocok untuk perjalanan jarak pendek di perkotaan.

Mobil memiliki kapasitas 2 orang dengan dimensi 2.490 mm untuk panjang, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. Kecepatan maksimumnya nggak kenceng-kenceng amat, cukup 60 km per jam saja tapi punya jarak jelajah lumayan oke 100 km.

Toyota Ultra Compact BEV (Battery Electric Vehicle)Toyota Ultra Compact BEV (Battery Electric Vehicle) Foto: dok. Istimewa


"Karena mobil sangat mudah untuk bermanuver bahkan lebih mudah ketimbang microcar, Toyota membayangkan mobil ini cocok buat mereka yang baru punya SIM atau manula," ujar Group Manager Toyota ZEV Factory, Akihiro Yanaka kepada wartawan di Hotel Hilton, Odaiba, Tokyo, seperti dilaporkan wartawan detikcom Dadan Kuswaraharja, Selasa (22/10/2019).


Mobil punya posisi jok yang lebih tinggi agar visibilitas pengendara lebih bagus dan dengan lantai kabin yang rata sehingga memberikan kemudahan akses buat orang-orang tua.

Toyota Ultra Compact BEV (Battery Electric Vehicle)Toyota Ultra Compact BEV (Battery Electric Vehicle) Foto: dok. Istimewa



"Baterai lithium-ion dipasang di bawah lantai dan motor penggerak di bagian belakang kendaraan untuk menggerakkan roda belakang. Kami juga membuat ban dengan ukuran 155 / 70R13. Ini dilakukan karena ini adalah ukuran umum untuk microcars, untuk membantu pemilik menemukan ban--terutama ban musiman seperti ban musim dingin--dengan mudah," tutupnya.



Simak Video "Sisi Futuristik e-Racer, Mobil Balap Berteknologi Otonom "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com