ADVERTISEMENT
Sabtu, 27 Jul 2019 18:56 WIB

Sistem Kopling Honda Monkey Sama dengan Supra XX

Rizki Pratama - detikOto
Honda Monkey Foto: Rifkianto Nugroho Honda Monkey Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Honda Monkey adalah motor klasik berukuran mungil yang baru saja dipasarkan PT Astra Honda Motor di Indonesia. Walaupun banyak teknologi baru, ternyata di dalam motor ini ada sistem yang masih menganut sistem motor lama lho.

Bagian Honda Monkey yang menggunakan sistem lama adalah kopling. Meskipun saat ini sudah ada motor kopling sport Honda lainnya, kopling Honda Monkey justru diadaptasi dari kopling motor bebek Supra XX.



"Koplingnya ini sama dengan motor bebek Honda yang pakai kopling. Kalau masih ingat ini pernah dipakai di Supra XX," ungkap Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno.

Honda MonkeyHonda Monkey Foto: Rifkianto Nugroho


Meskipun cara kerja kopling motor pada umumnya sama, kontruksi kopling Honda Monkey lebih mirip kepunyaan Supra XX.

"Kopling tangan untuk membebaskan hubungan plat kopling dengan kampas kopling. Tekanan sama cuma kontruksinya aja beda. Rumah kopling, posisi pun sama," lanjut Endro.



Endro juga menegaskan bahwa tim teknisi AHM sudah siap untuk menangani perawatan motor ini. Satu-satunya cara perawatan yang ia tekankan adalah penangan Inertial Measurement Unit (IMU) yang ada di Honda Monkey. Termasuk komponen lainnya seperti shock depan yang sudah mengaplikasikan upside down seperti seri CRF.

Honda MonkeyHonda Monkey Foto: Rifkianto Nugroho


"Perawatan sama seperti motor bebek atau motor sport. Jadi mekanik tidak sulit. Yang perlu ditekankan adalah penanganan IMU, selebihnya semuanya sama. Shock depannya pun sudah diajari upside down dari dari CRF, jadi sudah pengalaman lah," tutup Endro.

Simak Video "Honda Monkey, Si Mungil yang Dibanderol Rp 65 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com