Sabtu, 27 Jul 2019 12:53 WIB

Isuzu Kenalkan Teknologi Mesin Diesel ke SMK

Ridwan Arifin - detikOto
Isuzu Foto: Ari Saputra Isuzu Foto: Ari Saputra
Tangerang - PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) salah satu grup Astra memberi bekal ilmu bagi anak muda di Indonesia yang masih mengenyam bangku pendidikan. Salah satunya adalah teknologi mesin diesel terkini yang sudah menjadi unggulan Isuzu.



"Kendaraan niaga itu pakai mesin diesel, kita 2011 mengeluarkan kendaraan mesin diesel common rail pertama di Indonesia untuk medium truk, saat ini sudah terkenal Isuzu Giga. Ini yang kita jaga sustainable nya dengan program link and match dengan SMK. Supaya anak bangsa juga siap dengan tren teknologi yang sedang dipakai di dunia," ujar General Manager Service Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Beny Dwiyanto di arena Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show, ICE, BSD, Tangerang.

Dengan teknologi common rail diklaim mampu memuntahkan tenaga lebih besar namun tetap menghemat bahan bakar.



"Common rail yang terbaru dia punya power yang lebih tinggi. Syaratnya adalah tekanan bahan bakarnya itu juga jauh lebih tinggi, sehingga bahan bakar yang dialirkan bisa lebih presisi, dan tenaga yang dihasilkan karena kompresinya juga tinggi maka tenaga juga besar, dan itu juga butuh bahan bakar yang tingkat sulfurnya rendah," jelasnya.

Untuk itu, Isuzu memberikan program pendidikan pada anak SMK agar bisa menghadapi kemajuan zaman khususnya mesin berbasis diesel.

"CSR kita sekarang ada empat ya, yang pertama di bidang pendidikan, lalu kedua di bidang lingkungan hidup, ketiga di bidang income generatif, dan kesehatan. Hari ini kita lebih fokus ke pendidikan, karena memang kebutuhan bisnisnya adalah indusri itu harus match sama dengan pendidikan," ujar General Affairs & Industrial Relations Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Juniza Syahri dalam kesempatan yang sama.

IsuzuIsuzu Foto: Ridwan/detikOto


"Pendidikan mulai dari wawasan lingkungan kerja sampai dengan kurikulum terkait bisnis kita mengenai bahan bakar diesel. Kadang-kadang yang sering orang malah ngerti bahan bakar bensin, diesel malah nggak ke sentuh. Dan kita buat Silabus," sambungnya.

Program CSR ini sejalan dengan Inpres No.9 Tahun 2016, tentang "Revitalisasi SMK dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia" dan Permenperin No. 3 Tahun 2017, tentang "Pedoman Pembinaan dan Pengembangan SMK Berbasis Kompetensi yang LINK & MATCH dengan Industri".

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melakukan Program CSR Pendidikan dengan Tema "Isuzu Link & Match with SMK" yang mulai diinisiasi Tahun 2017, adapun beberapa kegiatannya adalah sebagai berikut, yakni Pembekalan Wawasan Dunia Kerja, Praktek Kerja Industri, Penyelarasan Kurikulum Berbasis Kompetensi serta Pengembangan Sarana dan Prasarana Praktikum.



Program ini digulirkan untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK di lingkungan Bisnis Isuzu antara lain SMK Taruna Bangsa Bekasi, SMK Pratama Mulya Karawang dan SMK Texmaco Karawang.

Kemudian di tanggal 17-21 Desember 2018 telah dilaksanakan salah satu bagian kegiatan dari Penyelarasan Kurikulum Berbasis Kompetensi yaitu dengan melakukan pelatihan kepada Guru-Guru SMK. Adapun beberapa materi kompetensi yang diajarkan kepada Guru-Guru SMK adalah sebagai berikut Mekanik Mesin Diesel, Operator Las, dan Operator LK3 (Lingkungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com