Kamis, 25 Jul 2019 15:26 WIB

GIIAS 2019

Konsumsi BBM Mobil Incaran Sri Mulyani Ajib Betul, 37,2 Km/Liter!

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Tangerang - Menkeu Sri Mulyani mengincar sebuah mobil ramah lingkungan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Mobil itu punya konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) yang ajib betul, 37,2 km per liter.

Mobil yang menarik minat perhatian Sri Mulyani adalah Toyota Prius PHV GR Sport.


Mobil ini sebenarnya merupakan model lama dan sudah dirilis Toyota di Jepang tahun 2017 lalu, namun dibawa ke Indonesia untuk memperlihatkan kemampuan teknologi hybrid-nya.

Disebut Toyota dalam mode elektriknya, mobil ini bisa dikendarai sejauh 60 km dalam mode listrik. Sementara efisiensi bahan bakarnya mencapai 37,2 km per liter. Sudah jauh meninggalkan mobil bensin konvensional yang biasanya di kisaran 10 km per liter.

Karena ini mobil plug-in hybrid electric vehicle, maka baterainya bisa dicas dengan colokan listrik di rumah selain dicas menggunakan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil mengerem. Colokan listriknya ada di bagian belakang sebelah kanan mobil, atau sejajar dengan kursi kedua di belakang sopir.

Colokan baterainyaColokan baterainya Foto: Dadan Kuswaraharja




Selain irit BBM, mobil juga mengeluarkan emisi karbon dioksida yang sangat rendah, sebesar 64,5 gram per km, jauh berkurang dibanding mobil konvensional. Sementara saat dikendarai dalam mode elektrik mobil bisa tahan sampai 60 km.

"Keren ya. Kalau naik ini kita nggak mau disopirin. Pengennya nyopir sendiri," kata Sri.

Sri Mulyani duduk di kursi mobil Prius PHV GR SportSri Mulyani duduk di kursi mobil Prius PHV GR Sport Foto: Luthfi Anshori


Sri Mulyani mengaku akan membeli Toyota Prius PHV GR Sport setelah ia tak lagi jadi pejabat negara. "Boleh entar, kalau saya pensiun menteri naik ini (Prius Hybrid). Keren, ini mobil saya sesudah jadi menteri," terang Sri Mulyani saat mengunjungi pameran GIIAS, Rabu (24/7/2019).



Simak Video "Menkeu Sri Mulyani Mendadak Jadi Guru SD "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com