Rabu, 01 Mei 2019 17:46 WIB

Bagaimana Bawa Masuk Truk Raksasa ke Arena IIMS 2019?

Luthfi Anshori - detikOto
Truk Raksasa di IIMS 2019. Foto: Pradita Utama Truk Raksasa di IIMS 2019. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Truk raksasa merek Caterpillar (CAT) 777e menjadi salah satu kendaraan yang menarik perhatian pengunjung di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Truk yang biasa ditemukan di lokasi tambang emas dan batu bara ini punya dimensi luar biasa besar. Total panjang 10 meter, lebar 6 meter, dengan tinggi bodi mencapai 4,3 meter.

Lalu bagaimana cara membawa truk kuning besar ini ke arena JIExpo Kemayoran?



"Kami kendarai langsung dari Cakung ke Kemayoran. Dan lewat jalan umum. Tapi sebelumnya jalan kami survey dulu agar truk ini tidak menemukan kendala," kata Machine Operator Trainer Trakindo, Putut Eko Suryantoro, kepada detikcom, di JIExpo, Kemayoran, Rabu (1/5/2019).

Untuk mengantisipasi jalan macet, truk ini sengaja dibawa pada pukul 12 malam, tanggal 21 April 2019. "Truk ini baknya kami copot dulu. Dan saat dijalankan juga dapat pengawalan dua polisi," kata Putu.



Jika di area pertambangan truk yang punya tangga ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal 65,9 km/jam. Maka saat dibawa di jalanan Jakarta, kecepatan dibatasi hanya sampai 36,2 km/jam. Total waktu saat dikendarai dari Cakung sampai Kemayoran memakan waktu sekitar 2 jam.

"Truk ini masuk lewat gerbang (JIExpo) yang besar, di pintu H. Hampir dua jam bawa dari Cakung ke Kemayoran. Dan meski truk ini kelihatan berat, tapi masih aman buat aspal di Jakarta. Jadi nggak akan ngerusak jalan," pungkas Putu.


Simak Juga 'Saat 3 Motor Presiden Indonesia Mejeng di IIMS 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com