Kamis, 02 Agu 2018 13:44 WIB

GIIAS 2018: Tidak Hanya Euro4, Produsen Mobil Tunggu B20

M Luthfi Andika - detikOto
Suzuki Swift hybrid (Foto: Dina Rayanti) Suzuki Swift hybrid (Foto: Dina Rayanti)
Tangerang -

Tidak hanya soal Euro4, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) juga menyambut baik rencana pemerintah untuk bisa menerapkan biodiesel B20. Bahkan Gaikindo pun siap menyambut bahan bakar tersebut untuk hadir di Indonesia.

"Dalam kesempatan ini kami menegaskan kembali. bahwa kami siap mendukung bio diesel B20 yang sesuai dengan standar emisi euro yang ditetapkan pemerintah Indonesia," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, saat memberi kata sambutan di ajang GIIAS 2018, di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8/2018).



Gaikindo juga menilai, langkah pemerintah ini sudah tepat, mengingat rencana pemerintah sejalan dengan rencana pemerintah untuk bisa menghemat devisa negara. "Ini sejalan dengan kebijakan rencana pemerintah untuk penghematan devisa negara," ujar Nangoi.

Sebelumnya Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto mengatakan penerapan B20 sudah semestinya diterapkan. Aturan penggunaan B20 juga sedang disiapkan.

"Bukan bisa ya, tapi (B20) sudah harus diterapkan. (Perluasannya) semua non PSO juga kena diterapkan B20, ini kan hasil ratas (rapat terbatas) kemarin. Perpres sedang disiapkan, mudah-mudahan Agustus sudah bisa (diterapkan)," ujar dia.



Dengan penggunaan B20, pemerintah nantinya akan lebih menghemat devisa karena kuota BBM yang diimpor berkurang. Pada saat kegiatan impor devisa akan membiayai kebutuhan impor dalam mata uang dolar AS, sehingga jika impor ditekan maka devisa bisa dihemat.

Selain hemat devisa, implementasi B20 secara penuh juga bisa membuat neraca perdagangan Indonesia keluar dari zona defisit, terutama di sektor minyak dan gas (migas) yang selama enam bulan terakhir defisit US$ 5,4 miliar, sedangkan non migasnya surplus US$ 4,4 miliar.

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed