Selasa, 22 Mei 2018 17:36 WIB

Preview GIIAS 2018

Semua Mobil Harus Berstandar Euro4 Tanggal 7 Oktober

Ruly Kurniawan - detikOto
Produsen mobil siap menyambut Euro4 (Foto: Grandyos Zafna) Produsen mobil siap menyambut Euro4 (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Produsen mobil akan mendeklarasikan standar emisi Euro4 dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 awal Agustus nanti.

Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nangoi saat membuka jumpa pers GIIAS 2018 di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (22/5/2018). "Sesuai dengan permintaan pemerintah, semua kendaraan berbahan bakar bensin mulai 7 Oktober nanti harus menggunakan standar emisi Euro4. Dan ini akan kita deklarasikan di dalam GIIAS kali ini," ungkap Nangoi di Jakarta.

"Jadi di GIIAS tahun ini kita bekerjasama dengan pemerintah untuk mendeklarasikan langkah Indonesia ke Euro4. Ini akan sangat penting buat kita. Selain itu kita juga akan ada diskusi untuk membahas Euro4 di GIIAS 2018. Ini adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles), yakni salah satu roh kita," lanjutnya.



Dengan hal tersebut, Indonesia akan resmi melepas diri jadi salah satu negara terakhir di Asia yang masih menerapkan Euro2. "Ini merupakan giant step untuk Indonesia karena melangkah dari Euro2 ke Euro4," ucap Nangoi.

Pameran yang akan diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang memiliki tema "Beyond Mobility". Dimana gelaran tersebut diharapkan bisa jadi sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor dari alat transportasi. Masih sejalan dengan tema GIIAS 2018, ada pula program 13th Gaikindo International Automotive Conference (GIAC). Tempat diskusi terkait isu industri otomotif Indonesia terkini termasuk tentang emisi dan Euro4 ini akan diselenggarakan bersamaan dengan GIIAS 2018, tepatnya pada 7 Agustus 2018.

Infografis Euro4Infografis Euro4 Foto: Andhika Akbarayansyah


Tahun ini Gaikindo mendorong anggotanya yang juga peserta GIIAS untuk menghadirkan teknologi otomotif masa depan untuk memberikan inspirasi pengunjung pameran. Ide-ide baru ini akan dihadirkan pada GIIAS 2018.

Yaitu Otomotif Technology Zone, sebuah area baru di pameran yang dikhususkan untuk para peserta GIIAS 2018 untuk mendemonstrasikan langsung fitur dan tekonologi dari mobil unggulannya.

"GIIAS selalu menjadi ajang yang akan terus mendorong industri otomotif Indonesia untuk menghadirkan yang terbaik dari teknologi maupun produk mereka. Kali ini, GIIAS membuka tempat untuk mereka memberikan ide dan menginspirasi publik akan teknologi terbaru. Tak hanya tampilan, tapi juga akan ada demonstrasi," tutup Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo yang sekaligus ketua penyelenggara GIIAS 2018. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed