Kamis, 19 Apr 2018 13:44 WIB

Ini Dia Mobil Rp 70 Juta yang 100 Persen Dibuat dalam Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Mobil desa Foto: Dina Rayanti Mobil desa Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Sudah puluhan jutaan mobil mengaspal di Tanah Air. Meski begitu, belum ada yang mobil yang 100 persen diproduksi dan menggunakan komponen dalam negeri.

Tapi baru-baru ini ada sebuah mobil yang diklaim keseluruhannya mulai dari komponen hingga perakitan dibuat secara lokal.

Mobil tersebut adalah mobil desa karya dua anak perusahaan Astra Otorparts yakni PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa dengan perusahaan milik Sukiyat sang penggagas Esemka PT Kiat Inovasi Indonesia.



Mobil desaMobil desa Foto: Dina Rayanti


"Ini 100 persen desain dan menggunakan komponen dalam negeri," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di PRJ Kemayoran Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Mobil desa itu nantinya diperuntukkan untuk bisa mengangkut penumpang dan ada juga yang bisa mengangkut barang.



Airlangga menambahkan mobil desa ini tinggal dites kelayakannya. Kalau lolos, mobil siap dijual dengan harga di bawah Rp 70 jutaan.

"Persiapan manufacturing sudah, penjualan sudah, aftersales juga sudah disiapkan kan kali ini sedang mempersiapkan layak daratnya dengan Kementerian Perhubungan sehingga penjualan dan aftersales bisa berjalan dan paket penjualannya di bawah Rp 70 juta," pungkasnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed