Senin, 05 Feb 2018 08:43 WIB

Geneva Motor Show

Mobil Terbang Siap Diproduksi, Harganya Rp 5,3 M, Berminat?

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil dalam dua mode, darat dan udara (Foto: PAL-V) Mobil dalam dua mode, darat dan udara (Foto: PAL-V)
Jenewa - Dalam hitungan hari, pameran otomotif Geneva Motor Show di Swiss akan dibuka untuk umum. Bukan hanya mobil ramah lingkungan, mobil yang mungkin dulu sekedar fantasi akan muncul ke khalayak. Mobil itu adalah mobil terbang.

Perusahaan asal Belanda, PAL-V International B.V mulai mendesain mobil terbang sejak 2001. 7 Tahun berselang, mereka akan meluncurkan produk massalnya yang akan segera dijual. Mobil terbang karya Pal-V itu disebut Liberty.

Mobil berbentuk kurang-lebih seperti helikopter yang memiliki tiga roda untuk mengaspal. Seperti prototipe mobil terbang yang sudah sempat dipajang oleh beberapa perusahaan rumahan serupa, 'Liberty' juga memiliki dua mode yakni udara dan aspal. Perubahannya hanya membutuhkan waktu 5-10 menit.

Mobil menggunakan sepasang mesin pesawat Rotax yang telah dirancang untuk memungkinkan mobil dapat berjalan di aspal dan mengudara.

Di jalanan darat, mobil mampu ngebut sampai160 km/jam dengan akselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu kurang dari 9 detik. Mesin bertenaga 100 daya kuda memberikan efisiensi 7,6 liter per 100 km.

Sementara jika dipakai mengudara, kecepatan maksimumnya mencapai 160 km per jam. Kecepatan yang dibutuhkan agar pesawat bisa terbang minimal 50 km per jam. Dengan daya jelajah antara 400-500 km.

"Model produksi ini adalah momen kebenaran. Semua sertifikasi yang dibutuhkan untuk komersialisasi akan diberikan berdasarkan model produksi ini," kata CEO Pal-V, Robert Dingemanse di laporan tersebut.

Diperkirakan mobil itu berbanderol sekitar £ 280.000 atau Rp 5 miliar berdasarkan kurs sekarang. Pemesanan bisa dilakukan dengan mengeluarkan kocek sedikitnya £ 2.000 atau Rp 38 juta. Berminat?

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed