Laporan dari Tokyo Motor Show

Tak Hanya Mobil, Bus Juga Sudah Pakai Tenaga Hidrogen

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 28 Okt 2017 09:24 WIB
Foto: Toyota
Tokyo - Toyota telah mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Andalan Toyota adalah kendaraan ramah lingkungan yang menggunakan hidrogen sebagai sumber tenaganya.

Contoh nyatanya sudah lahir, yaitu Toyota Mirai. Tak hanya mobil penumpang, bus juga bisa pakai tenaga hidrogen.

Toyota membuat bus bertenaga hidrogen. Bus sel bahan bakar bertenaga hidrogen itu namanya Sora. Konsep bus sel bahan bakar tersebut dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017.

"Bus sel bahan bakar menawarkan mobilitas penting, membantu menciptakan masyarakat berbasis hidrogen. Kami juga percaya bahwa itu adalah transportasi yang terkait dengan masyarakat lokal dan dapat digunakan secara luas oleh penduduk setempat," kata Project General Manager BR Next Generation Vehicle Planning Department Toyota Motor Corporation Kenji Gondo seperti dilaporkan reporter detikOto Rangga Rahadiansyah dari Tokyo, Jepang, Sabtu (28/10/2017).

Tak hanya sebagai konsep, Toyota berencana untuk meluncurkan penjualan kendaraan komersial bertenaga hidrogen ini pada 2018. Pabrikan Jepang itu berharap bisa mengenalkan lebih dari 100 unit Sora, terutama di wilayah Tokyo, menjelang Olimpiade 2020 Tokyo dan Paralimpiade.

"Bus sel bahan bakar Sora adalah bus produksi massal baru yang mengintegrasikan teknologi sel bahan bakar dan teknologi elektrifikasi Toyota, dan akan mulai dijual mulai tahun depan," ujarnya.

Nama Sora punya arti tersendiri. Sora merupakan singkatan dari Sky, Ocean, River, Air, yang mewakili siklus air.

Toyota mengembangkan konsep Sora berdasarkan visi 'ikon kota abadi'. Bus ini dibuat dengan dua gagasan, memanfaatkan karakteristik kendaraan sel bahan bakar dan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang yang berpergian dengan bus.

Sora dilengkapi dengan sistem pasokan tenaga yang memberikan output dan kapasitas tinggi. Output maksimal mencapai 9 kW dan kapasitasnya 235 kWh). Bahkan, bus itu bisa dijadikan sumber daya darurat ketika terjadi bencana.

Toyota juga membuat bus Sora ini menjadi bus yang nyaman, dan aman. Sehingga, penumpang akan kembali menggunakan bus nyaman ini untuk mobilitasnya.

Bus dilengkapi dengan kursi horisontal dengan mekanisme penyimpanan otomatis untuk menyediakan ruang untuk kursi roda atau kereta bayi. Kursi itu menyediakan tempat duduk ekstra untuk penumpang biasa saat ruang tidak digunakan untuk kereta bayi atau kursi roda. (rgr/ddn)